androidvodic.com

7 Poin Pernyataan Sikap DPP IMM Sikapi Meninggalnya Mahasiswa Kendari Saat Berunjuk Rasa - News

News, JAKARTA -  Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) mengeluarkan 7 poin pernyataan sikap menyikapi meninggalnya Randi, seorang mahasiswa Kendari Sulawesi Tenggara akibat aksi unjuk rasa kemarin.

Ketua Umum DPP IMM, Najih Prasetyo berita itu telah membuat publik gerah.

"Betapa tidak, Randi harus merenggut nyawa di tangan oknum pelaku penembakan peluru tajam yang tepat bersarang di dadanya," ujarnya Najih dalam keterangannya kepada pers, Jumat (27/9/2019).

Menurut dia, hal ini sekaligus membuka tabir “rahasia umum” yang terjadi dalam setiap kali pengamanan aksi yang dilakukan oleh Kepolisian seringkali tidak sesuai dengan standar prosedur pengamanan, dan tindakan represif dan kekerasan terhadap mahasiswa peserta aksi kerap kali terjadi di Indonesia.

Baca: Kronologi Penangkapan Ananda Badudu Usai Galang Dana Demo Mahasiswa, 04.25 WIB Pintu Rumah Digedor

Atas berbagai kondisi tersebut, Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPP IMM) menyatakan sikap:

1). IMM se-Indonesia menyatakan belasungkawa yang dalam atas meninggalnya Immawan Randi – mahasiswa yang menjadi korban jiwa dalam unjuk rasa di Kendari, Sulawesi Tenggara.

"Randi hingga menghembuskan nafas terakhirnya masih dalam perjuangan mengawal aspirasi rakyat," ujar Najih.

2). DPP IMM menegaskan kejadian meninggalnya Randi karena tertembak peluru tajam saat sedang melakukan aksi unjuk rasa merupakan preseden buruk yang tidak boleh terulang kembali.

"Hal ini cukup menjadi peristiwa yang terakhir, tidak boleh lagi ada nyawa yang hilang karena melakukan aksi perjuangan rakyat," ujar Najih.

3). DPP IMM mengecam berbagai tindakan represif pihak keamanan kepada mahasiswa yang melakukan aksi unjuk rasa. Pihak keamanan seharusnya mengedepankan cara-cara persuasif serta lebih manusiawi dalam upaya untuk menjaga kondusifitas selama berlangsungnya aksi.

Menurut Najih, tindakan represif dari pihak keamanan hanya akan membuat keadaan menjadi lebih buruk.

"Kejadian tertembaknya Randi adalah satu dari sekian banyak tindakan represif yang kerap kali diterima oleh mahasiswa ketika sedang melakukan aksi unjuk rasa," katanya.

4). IMM dan mahasiswa menegaskan tidak akan bungkam karena tembakan peluru ini. IMM akan tetap dan selalu mengawal kepentingan rakyat Indonesia, tanpa rasa takut terhadap intervensi apapun dan dari siapapun.

"Sekaligus menegaskan bahwa gerakan IMM adalah gerakan yang murni berasal dari hati dan nurani mahasiswa tanpa ada tendensi maupun ditunggangi oleh kelompok tertentu," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat