androidvodic.com

Menteri LHK Sebut Perhutanan Sosial Salah Satu Transformasi Ekonomi - News

News, JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengatakan perhutanan sosial adalah salah satu transformasi ekonomi.

Siti mengharapkan akses ke lahan perhutanan dapat menjadi pusat pertumbuhan ekonomi bagi Indonesia.

Hal ini diungkapkannya saat menghadiri acara Festival Perhutanan Sosial Nasional (PeSoNa), di Gedung Manggala Wanabakti, Jl Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Kamis (28/11/2019).

Baca: Didampingi Teten Masduki, Menteri Siti Nurbaya Berikan Penghargaan Tokoh-tokoh Hutan Sosial

"Struktur ekonomi kita sebesar 99 persen dan usaha kecil hanya 1 persen, maka presiden memerintahkan untuk kerjasama lintas sektoral. Agar usaha sektor kehutanan menjadi tumbuh dan berkembang, dengan model kemitraan usaha diarahkan ke komoditi yang punya ekonomi tinggi," ujar Siti.

Menurutnya hasil hutan seperti bambu sekarang sedang dicari oleh khalayak luas. Bahkan produk itu mempunyai sosial impact yang tinggi terutama dalam menjaga lingkungan. Sehingga Siti menilai produk tersebut harus terus dikembangkan.

Baca: Menteri LHK Siti Nurbaya Rapatkan Barisan Usai Terima DIPA

Selain itu, perempuan berusia 63 tahun tersebut mengaku perhutanan sosial merupakan bagian dari nuansa kebangsaan.

Alasannya, kata dia, perhutanan sosial mampu memberikan hak penuh kepada masyarakat dalam mengelola hutan guna meningkatkan kesejahteraannya.

"Presiden tidak mau lagi mendengar adanya ilegal, padahal rakyat yang mengelola sehingga diberikanlah pengelolaan perhutanan sosial. Bahkan pengalaman saya (ketika) memberikan SK masyarakat sampai menangis karena haknya baru diakui negara," kata dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat