androidvodic.com

Dilantik Jadi Kabaintelkam Polri, Putra Papua Irjen Paulus Waterpauw Akan Jadi Jenderal Bintang Tiga - News

Laporan Wartawan News, Igman Ibrahim

News, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melantik Irjen Paulus Waterpauw menjadi Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (24/2/2021).

Upacara Sertijab ini sesuai dengan Surat Telegram Rahasi (STR) bernomor ST/318/III/KEP./2021 yang ditandatangani As SDM Polri Irjen Sutrisno Yudi Hermawan tanggal 18 Februari 2021 atas nama Kapolri.

Saat pelantikan, Kapolri memimpin langsung pengucapan janji dan sumpah jabatan untuk Kabareskrim serta pejabat utama Mabes Polri lainnya.

Baca juga: Brigjen Mathius Fakhiri, Sosok Kapolda Papua Pengganti Irjen Paulus, Tak Gentar Tantangan Perang KKB

"Bahwa saya, akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan," kata Kapolri yang diikuti oleh seluruh pejabat utama Mabes Polri, Rabu (24/2/2021).

Dengan begitu, Irjen Paulus menjadi putra asal Papua yang akan menyandang bintang tiga atau berpangkat Komisaris Jenderal alias Komjen.

Baca juga: Sosok Irjen Paulus Waterpauw, Putra Papua yang Dipromosikan Jadi Kabaintelkam, 4 Kali Jabat Kapolda

Selain Paulus, Listyo juga melantik Komjen Agus Andrianto sebagai Kabareskrim; Komjen Arief Sulistyanto sebagai Kepala Badan Pemeliharaan dan Keamanan (Kabaharkam); Kalemdiklat Polri Komjen Rycko Amelza; Kepala Badan Intelijen (Kabaintelkam) Polri Irjen Paulus Waterpaw.

Selanjutnya melantik Kapolda Lampung Irjen Hendro Sugianto; Kadivkum Polri Brigjen Suryanbodo Asmoro; Asrena Polri Irjen Wahyu Hadiningrat; dan Widyaismara Kepolisian Utama Sespim Lemdiklat Polri, Irjen Fiandar.

4 Kali Jabat Kapolda

Paulus Waterpauw diketahui lahir di Fakfak, Papua Barat pada 25 Oktober 1963.

Lulusan Akpol 1987 ini memang berpengalaman dalam bidang intel.

Berdasarkan data Paulus Waterpauw mengenyam pendidikan Daspa Intel pada 1996, Palan Intel pada 1997, dan Pa Opsnal Intel pada 1999.

Dilansir dari wikipedia, Paulus Waterpauw diketahui pindah dari Papua ke Surabaya pada usia 10 tahun.

Ia menyelesaikan pendidikan dari SD hingga SMA di Surabaya, Jawa Timur sampai akhirnya ia mengenyam pendidikan di Akademi Kepolisian.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat