androidvodic.com

KontraS: Pidana Hukuman Mati Tak Jamin Berikan Efek Jera - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, JAKARTA - Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) menyoroti temuan pihaknya terkait dengan jumlah vonis hukuman mati di Indonesia yang masih tinggi hingga saat ini.

Koordinator KontraS Fatia Maulidiyanti mengatakan, pihaknya secara tegas menolak adanya hukuman mati, karena hal itu sangat berpotensi terhadap pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

"Itu adalah hak paling fundamental dalam hal aspek HAM yang sebetulnya harusnya dijamin," kata Fatia saat ditemui di Kantor KontraS, Jumat (10/12/2021).

Bahkan kata dia, dalam aturan internasional, disebutkan kalau segala bentuk kejahatan apapun tidak boleh dijatuhkan hukuman mati.

Fatia menyebut, harus ada hukuman berat lainnya sebagai alternatif dari pidana hukuman mati para terpidana.

"Dalam aturan internasional sendiri juga sudah disebutkan sejahat apapun orang melakukan kejahatan paling serius seperti genosida, kejahatan terhadap kemanusiaan, agresi milter juga penjahat perang bahkan tidak boleh dijatuhkan hukuman mati," ucapnya.

Bahkan dirinya mengatakan, pemberian hukuman pidana mati kepada terdakwa belum ada pembuktiannya bisa membuat kapok atau menimbulkan efek jera.

Baca juga: Vonis Hukuman Mati Tak Berhenti Selama Pandemi, Paling Banyak pada Kasus Narkoba

Malah sebaliknya, dia menilai pidana hukuman mati merupakan putusan yang tidak manusiawi serta merendahkan martabat manusia.

"Banyak orang-orang yang terjerat kasus narkotika yang dijadikan terpidana mati tapi juga sebetulnya ini tidak efektif untuk menimbulkan efek jera," tukasnya.

Sebelumnya, Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) mencatat, isu vonis hukuman mati, masih tergolong tinggi dan tidak berhenti dalam penegakan hukum di Indonesia.

Hal itu termuat dalam catatan KontraS yang dirilisnya bertepatan dengan hari Hak Asasi Manusia (HAM) Internasional, Jumat (10/12/2021).

Baca juga: Pakar Beberkan Kekeliruan Jaksa Tuntut Pidana Mati Heru Hidayat

Wakil Koordinator KontraS Rivanlee Anandar mengatakan, selama periode Desember 2020 hingga November 2021 pihaknya mencatat setidaknya terdapat 32 kasus vonis hukuman mati yang dijatuhkan. Dominan terdakwa yang divonis hukuman mati yakni mereka yang berurusan pada kasus narkoba.

"Isu vonis hukuman mati selama pandemi ternyata tidak berhenti, kami temukan 32 vonis hukuman mati," kata Rivanlee saat pemaparan di kantor KontraS, Kwitang, Jumat (10/12/2021).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat