androidvodic.com

Agar Ganjil Genap Tol dan One Way Berjalan Lancar, Polisi akan Lakukan Sterilisasi - News

News, JAKARTA - Korlantas Polri resmi memulai aturan ganjil genap di Gerbang Tol (GT) Cikampek hingga GT Kalikangkung Semarang.

Untuk kelancaran penerapan itu, polisi melakukan sterilisasi dua jam sebelum penerapan skema ganjil-genap dan one way dimulai.

Sterilisasi ini untuk memastikan tak ada kendaraan yang melintas dari arah berlawanan.

"Jadi maksudnya disterilkan 2 jam sebelum waktu pemberlakuan gage dan one way adalah sterilisasi untuk membersihkan atau menginformasikan kepada masyarakat bahwa jalurnya akan dipakai untuk jalur lawan (arah),” ujar Kepala Posko Operasi Ketupat Jaya 2022 Kombes Purwadi saat konferensi pers di NTMC Polri, Kamis (28/4/2022).

Purwadi menambahkan, saat penerapan ganjil-genap dan one way dari Jakarta menuju Kalikangkung, kendaraan-kendaraan yang dari arah berlawanan tak boleh lagi melintas.

Artinya, seluruh kendaraan yang belum masuk ke ruas tol akan diarahkan melalui jalur arteri. Sedangkan, yang sudah di ruas tol pun akan diminta ke luar dari ruas tol.

"Maka 2 jam sebelumnya dilakukan sterilisasi sejak jam 15.00 tadi sampai jam 17.00 bahwa kita memastikan tidak ada lagi kendaraan yang dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta," kata Purwadi.

Sementara itu, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan menjelaskan untuk skema ganjil-genap, kendaraan yang melintas dari Jakarta menuju timur atau Jawa Tengah dan sekitarnya harus menyesuaikan dengan waktu yang telah ditetapkan.

Baca juga: One Way dan Ganjil-Genap Diterapkan Hari Ini, Korlantas Ajak Pemudik Tertib Taati Aturan

Jika tak sesuai, pemudik akan diminta untuk keluar dari ruas tol terdekat.

"Artinya semua plat ganjil atau genap mulai pukul 17.00 nanti dengan tujuan ke arah timur mulai dari KM47 kita imbau untuk menggunakan jalan non-tol," kata Ramadhan.

Sedangkan untuk sebaliknya, petugas akan mengalihkan kendaraan menuju jalan arteri.

"Akan dialihkan untuk menggunakan jalur arteri karena diberlakukan rekayasa lalu lintas ganjil genap dan one way sesuai diskresi kepolisian," katanya.

Sebelumnya Korlantas Polri telah merilis jadwal pemberlakuan one way dan kebijakan ganjil genap untuk arus mudik.

Berikut jadwal penerapan ganjil genap dan one way di jalan tol Cikampek-Kalikangkung saat arus mudik Lebaran 2022:

- Kamis (28/4/2022): dimulai pukul 17.00 sampai 00.00 WIB

- Jumat (29/4/2022): dimulai pukul 07.00 sampai 00.00 WIB

- Sabtu (30/4/2022): dimulai pukul 07.00 sampai 00.00 WIB

- Minggu (1/5/2022): dimulai pukul 12.00 sampai 07.00 WIB

Adapun waktu berakhirnya atau perpanjangan rekayasa lalu lintas, baik ganjil genap dan one way saat arus mudik Lebaran 2022 tersebut bersifat situasional.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat