androidvodic.com

Polisi Hormati Aliansi Buruh Gelar May Day Fiesta 2022 di Kawasan GBK - News

News, JAKARTA - Polri menyatakan pihaknya menghormati sejumlah aliansi buruh yang bakal menggelar demo May Day Fiesta 2022.

Aksi tersebut dalam rangka memperingati Hari Buruh International di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Selatan pada Sabtu (14/5/2022).

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan menyampaikan bahwa pihaknya bakal mengawal dan mengamankan kegiatan aksi unjuk rasa tersebut.

"Tentu komitmen Polri selalu menghargai hak-hak demokrasi. Siapa pun yang melakukan kegiatan unjuk rasa kita akan melakukan pengawalan dan pengamanan," kata Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (12/5/2022).

Baca juga: Polisi Gagalkan Pengiriman 8 Kontainer Berisikan 121 Ton Minyak Goreng Siap Ekspor ke Timor Leste

Baca juga: 2 Kasus Tahanan Meninggal di Polresta Deliserdang dan Polres Muna, Keluarga Bereaksi hingga Demo

Baca juga: 3 Kasus Polisi Ditikam, Ditombak dan Dipalak Penjambret, Orang Mabuk hingga Pegawai Honorer

Ramadhan menuturkan kegiatan mengemukakan pendapat di muka umum dijamin oleh Undang-Undang sebagaimana diatur dalam UUD 1945 dan UU Nomor 9 tahun 1998.

Di sisi lain, kata Ramadhan, sejumlah aliansi buruh juga telah memberikan pemberitahuan adanya aksi unjuk rasa.

Dengan begitu, pihak kepolisian bakal bertugas melakukan pengawalan.

"Jadi demo itu bukan izin. Tapi demo itu adalah pemberitahuan orang atau kelompok yang akan kealkukan kegiatan unjuk rasa kepada pihak Polri. Tentu tujuannya ketika Polri menerima pemberitahuan, Polri berkewajiban mengawal mengamankan kegiatan unjuk rasa tesebut," tukas dia.

Baca juga: Drama Penyergapan Penculikan Anak di Senayan, Pelaku Berniat Tabrak Polisi, Dibalas Timah Panas

Baca juga: Fakta Penculik Anak Ditangkap di Senayan: Latihan Teroris di Poso, Baru Keluar Lapas Gunung Sindur

Baca juga: Penculik Anak yang Ditangkap di Senayan Pakai Modus Mengaku Polisi dan Satgas Covid-19

Sebagai informasi, sejumlah aliansi buruh bakal menggelar kegiatan bernama May Day Fiesta 2022 dalam rangka memperingati Hari Buruh International pada Sabtu (14/5/2022).

Rencananya, ada sekitar 800 sampai 1.000 bus pengangkut buruh yang bakal datang untuk memperingati May Day 2022 di kawasan Gelora Bung Karno.

Polri juga telah mengimbau masyarakat agar menghindari Jalan Gatot Subroto, khususnya kawasan Gedung DPR/MPR, Jalan Gerbang Pemuda, hingga Gelora Bung Karno pada Sabtu mendatang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat