androidvodic.com

Kemendikbudristek Dorong Pelaksanaan PTM 100 Persen yang Aman - News

News, JAKARTA - Direktur Jenderal PAUD Dikdasdikmen Kemendikbudristek Jumeri mengatakan Pemerintah terus melakukan upaya pemulihan pembelajaran di masa pandemi.

Mempertimbangkan pergerakan kasus Covid-19 yang mulai terkendali, pemerintah terus memperbarui dan melakukan penyesuaian kebijakan dalam upaya mengoptimalkan  pemulihan layanan pendidikan.

"Kemendikburistek memiliki berbagai pilihan dalam upaya pemulihan pembelajaran yakni dengan mendorong partisipasi peserta didik dalam pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen yang aman dengan mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan SKB 4 menteri yang sudah diterbitkan,” ujar Jumeri melalui keterangan tertulis, Rabu (15/6/2022).

Baca juga: Langkah Kemendikbud Cegah Penularan Hepatitis Akut Selama PTM

Jumeri mengatakan, Kemendikbudristek memberi pilihan kepada satuan pendidikan untuk dapat memilih kurikulum pembelajaran yang paling tepat.

Selain itu, Kemendikbudristek memberikan kelonggaran atas penggunaan dana BOS, dan alokasi dana tersebut dapat dialihkan untuk kebutuhan prioritas selama masa pandemi Covid-19.

Sementara itu, Direktur Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak Kementerian Kesehatan, Erna Mulati, menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 memberikan kesempatan terbaik pada sistem kesehatan untuk melakukan transformasi dalam memitigasi terjadinya pandemi di masa yang akan datang.  

Erna Mulati menyampaikan dalam masa pemulihan pendidikan pascapandemi Covid-19, pihaknya terus mengupayakan optimalisasi peran tenaga kesehatan, keluarga, guru, dan masyarakat.

"Kondisi ini diperkuat dengan melakukan penguatan penerapan protokol kesehatan di satuan pendidikan," ucap Erna.

Selain itu, melalui modifikasi pelayanan kesehatan anak usia sekolah dan remaja baik di tingkat masyarakat maupun pada fasilitas pelayanan kesehatan.

“Hal tersebut dapat dilakukan dengan memberikan edukasi upaya pencegahan Covid-19 melalui webinar seperti yang dilakukan hari ini,” tutur Erna.

Dirinya berpesan agar masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan serta mempercepat pelaksanaan vaksinasi lengkap untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh guna mencegah penyebaran dan penularan Covid-19.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat