androidvodic.com

Dana Otsus Perlu Dilanjutkan, Wamendagri Beberkan Manfaatnya untuk Papua - News

News, JAKARTA - Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo menilai alokasi dana otonomi khusus (otsus) untuk masyarakat Papua harus dilanjutkan.

Dirinya menilai banyak manfaat yang dirasakan masyarakat Papua dari alokasi dana otsus.

Sejumlah pembangunan di bidang infrastruktur, sumber daya manusia (SDM), dan pendidikan, menurut John Wempi Wetipo, berasal dari dana otsus.

Hal itu disampaikan John Wempi Wetipo saat sesi wawancara khusus dengan Direktur Pemberitaan Tribun Network Febby Mahendra Putra di Kantor Tribun, Jakarta, Selasa (23/8/2022).

"Harus lanjut karena otsus ini ini adalah kebijakan negara memberikan alokasi dana ini untuk orang Papua," ucap John Wempi Wetipo.

"Bagaimana dengan kebijakan ini, supaya terjadi perubahan dari sisi infrastrukturnya kita bangun, SDM kita bangun. Ekonominya kita bangun, pendidikan kita bangun, kesehatan juga kita bangun ya," tambah John Wempi Wetipo.

John Wempi Wetipo mengatakan alokasi dana otsus telah berjalan sekitar 20 tahun.

Pemerintah menggelontorkan dana otsus sejak tahun 2001.

"Hingga sampai dengan hari ini, banyak keberhasilan yang sudah dilakukan dengan banyak anak Papua yang diberi kesempatan untuk sekolah-sekolah keluar di Eropa, Amerika, Australia dan mereka diberi kesempatan ini menggunakan dana Otsus," ungkap John Wempi Wetipo.

Meski begitu, John Wempi Wetipo menilai perlu adanya evaluasi dalam penyelenggaraan dana otsus.

Baca juga: Wapres Pimpin Rapat Tentang Papua dan Papua Barat, Bahas UU DOB Hingga Dana Otsus

Transparansi dan sosialisasi menjadi salah satu aspek yang perlu dievaluasi dalam penyelenggaraan dana otsus.

"Itu yang perlu sosialisasi, buat rakyat untuk paham. karena otsus ini kan tidak berwujud,  tapi itu adalah kebijakan yang diberikan oleh negara untuk Papua, termasuk dengan kewenangan untuk mengelola dana otsus," ucapnya.

"Kita harapan ke depannya adalah bagaimana dana otsus ini benar-benar menyentuh kepentingan masyarakat kita. Bagaimana membuka diri untuk transparansi pengelolaan dana otsus itu penting," tambahnya.

Dirinya berharap masyarakat dana otsus semakin menyentuh kepada kepentingan rakyat Papua.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat