androidvodic.com

Iwan Sumarno Penculik Bocah di Gunung Sahari Dijerat Pasal Berlapis hingga Terancam 15 Tahun Penjara - News

Laporan wartawan News, Fahmi Ramadhan

News, JAKARTA - Iwan Sumarno alias Jacky terancam hukuman penjara paling lama 15 tahun usai ditetapkan sebagai tersangka kasus penculikan terhadap MA (6) di Gunung Sahari, Sawah Besar, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan menjelaskan hal itu lantaran Iwan dijerat dengan berlapis yakni Pasal 76F jo Pasal 83 UU RI No 35 Tahun 2014 dan atau Pasal 330 Ayat (2) Kitab Undang Undang Hukum Pidana (KUHP).

"Jadi terhadap tersangka dikenakan pada pelanggaran pidana tentang penculikan anak dan pelanggaran terhadap Undang Undang tentang perlindungan anak," jelas Zulpan dalam keterangannya, Rabu (4/1/2023).

Adapun hal yang mendasari dikenakannya Iwan Sumarno dengan pasal berlapis itu kata Zulpan, salah satunya berdasarkan hasil visum et repertum yang dilakukan terhadap korban MA.

Sementara itu terkait isi dari pasal tentang UU Perlindungan anak tersebut yakni, setiap orang dilarang menyuruh, melakukan, atau turut serta melakukan penculikan, penjualan, dan atau perdagangan anak.

"Diancam dengan hukuman paling singkat lima tahun dan paling lama 15 tahun," ujar Zulpan.

Sedangkan untuk pasal penculikan anak itu sendiri berbunyi, barang siapa dengan sengaja menarik seseorang yang belum cukup umur dari kekuasaan yang menurut Undang Undang ditentukan atas dirinya atau penugasan yang berwenang, diancam hukuman 9 tahun penjara.

"Sebagaimana diatur dalam pasal 330 ayat (2) KUHP," tuturnya.

Sebelumnya, Polres Metro Jakarta Pusat akhirnya resmi menaikan status Iwan Sumarno alias Jacky pelaku penculik bocah inisual M (6) dari saksi sebagai tersangka.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Komarudin mengatakan, dinaikannya status Iwan Sumarno sebagai tersangka ini usai pihaknya melakukan gelar perkara.

"Sudah naik jadi tersangka setelah dilakukan gelar perkara," ucap Komarudin ketika dikonfirmasi, Rabu (4/1/2023).

Baca juga: Polisi Tetapkan Iwan Sumarno alias Jacky Tersangka Penculikan Bocah di Gunung Sahari

Meski sudah menetapkan Iwan Sumarno sebagai tersangka, Komarudin belum menjelaskan mengenai motif penculikan yang dilakukan oleh pria tersebut.

Sebelumnya, Polisi bakal menetapkan Iwan Sumarno alias Jacky sebagai tersangka dalam waktu 1x24 jam kedepan terkait kasus penculikan yang dilakukan terhadap Malika Anastasya (6) pada 7 Desember 2022 lalu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat