androidvodic.com

Dewas Desak Pimpinan KPK Putuskan Penanganan Kasus Formula E - News

Laporan Wartawan News, Ilham Rian Pratama

News, JAKARTA - Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) angkat bicara soal laporan pengaduan Deputi Penindakan dan Eksekusi Irjen Pol Karyoto dan Direktur Penyelidikan Brigjen Pol Endar Priantoro.

Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean menyebut pihaknya menerima laporan tersebut pada 13 Januari 2023.

Kata Tumpak, pihak yang mengadukan adalah sebuah lembaga swadaya masyarakat (LSM). Namun, tidak diungkapkan nama LSM dimaksud.

"Laporan tersebut berisi terkait dugaan ketidakprofesionalan dan pelanggaran prosedur oleh Deputi Penindakan dan Direktur Penyelidikan dalam penanganan kasus Formula E," kata Tumpak melalui keterangan tertulis, Kamis (16/2/2023).

Baca juga: Soal Dugaan Korupsi Formula E, KPK: Lucu Kalau Semuanya Dikaitkan dengan Politik

Dewas berpandangan bahwa dalam sebuah ekspose atau penanganan perkara, terjadinya perbedaan pendapat adalah sesuatu yang lazim. 

Tumpak menyebut perbedaan itu suatu khasanah dan pelengkap sudut pandang, untuk selanjutnya dapat diambil keputusannya.

Sehubungan dengan itu, kata Tumpak, melalui Rapat Koordinasi Pengawasan (Rakorwas) Triwulan IV 2022 antara dewas dan pimpinan KPK pada 17 Januari 2023 telah disepakati agar penyelesaian dan kejelasan status kasus Formula E secepatnya diputuskan oleh pimpinan KPK.

"Artinya, jika ditemukan cukup bukti dugaan tindak pidana korupsi harus segera dinaikkan statusnya dari tahap penyelidikan ke tahap penyidikan. Begitu juga sebaliknya," katanya.

"Hal ini mengacu pada kewenangan penyelidik sebagaimana diatur dalam Pasal 1 angka (5) KUHAP jo Pasal 44 UU KPK," lanjutnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat