androidvodic.com

KAI Catat 30.000 Orang Mudik Naik Kereta Meski Cuti Lebaran Berakhir Hari Ini - News

News, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta mencatat ada sebanyak 30.000 pemudik melakukan perjalanan dari Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir pada hari ini, Rabu (26/4/2023).

“19.000 di antaranya penumpang dari Stasiun Pasar Senen dan kemudian 11.000 lain pengguna jasa berangkat dari Gambir," Kepala Humas PT KAI Daop I Eva Chairunisa saat konferensi pers di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Rabu (26/4/2023). 

Menurut Eva, masih banyak pemudik yang sengaja pulang ke kampung halamannya di saat cuti lebaran usai. 

Apalagi, PT KAI mengadakan program tiket murah untuk keberangkatan setelah masa lebaran.

Bahkan, lanjut Eva, total okupansi kursi penumpang mencapai 70 persen.

"Ini masih terhitung cukup tinggi, karena memang kita juga ada program yang namanya tiket murah atau tiket rendah untuk keberangkatan setelah masa lebaran," ucapnya. 

Tiket murah tersebut, kata Eva, melayani keberangkatan untuk tanggal 24 April hingga 3 Mei 2024.

"Tiket murah ini dimulai sejak tanggal 23 April, mulai untuk keberangkatan tanggal 24 sampai dengan tanggal 3 Mei," katanya. 

Eva mengungkapkan, penjualan tiket murah tersebut cukup tinggi, sehingga masyarakat yang ingin melakukan mudik setelah lebaran harus melakukan pemesanan tiket mulai sekarang. 

"Ini yang saat ini kita lihat penjualan tiket ini mulai meningkat dengan program tiket rendah tersebut. Sebagai contoh, kelas eksekutif itu bisa dimulai dari harga Rp310 ribu dan harga ekonomi mulai dari harga Rp150 ribu. Dan memang kita melihat cukup cepat untuk peningkatan dari pesanan tiketnya," katanya. 

"Sehingga pengguna jasa yang ingin memanfaatkan program tiket rendah atau murah yang akan berangkat dari area Daop 1 Jakarta, baik dari Stasiun Pasar Senen maupun Gambir, bisa melakukan langsung, pengecekan harga tiket dan ketersediaan tempat duduk di aplikasi KAI Access," sambungnya.

Untuk informasi, Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat masih dipadati sejumlah pemudik yang hendak pulang ke kampung halaman pada hari pertama usai cuti bersama Lebaran 2023, Rabu (26/4/2023).

Pantauan News di lokasi, sejumlah pemudik maaih memadati stasiun kereta api jarak jauh itu sejak sekira pukul 08.00 WIB.

Seperti pemudik pada umumnya, mereka membawa barang bawaan yang besar dan banyak seperti koper dan ransel.

Kursi-kursi tunggu di stasiun juga tampak penuh oleh para pemudik.

Baca juga: Hari Pertama Masuk Kerja, Stasiun Manggarai Masih Didominasi Penumpang yang Hendak Berlibur

Para pemudik juga umumnya hendak melakukan perjalanan kampung halaman bersama keluarganya.

Hanya saja, jumlah pemudik hari ini tidak sebanyak jika dibandingkan dengan masa libur Lebaran.

Petugas di stasiun pun tetap bersiaga dan membantu para penumpang kereta yang kesulitan.

Di sisi lain, Stasiun Pasar Senen juga dipadati penumpang yang datang ke Jakarta pada hari ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat