androidvodic.com

Jadi Kandidat Capres Partai Buruh, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo Abaikan Undangan Mayday 2023 - News

News, JAKARTA - Partai Buruh mengaku telah mengundang para kandidat calon presiden (capres) yang telah ditetapkan dalam Rakernas untuk menghadiri peringatan Hari Buruh Internasional atau Mayday 2023.

Mereka ialah Ganjar Pranowo, Said Iqbal, Anies Baswedan, dan Najwa Shihab.

Sayangnya dari para kandidat capres yang telah ditetapkan itu, tak ada yang hadir kecuali Said Iqbal yang juga merupakan Presiden Partai Buruh.

Ganjar Pranowo sebagai kandidat yang memperoleh suara terbanyak di partai itu tak hadir lantaran sibuk mempersiapkan kampanye. Sebab, dirinya juga sudah ditetapkan sebagai bakal capres dari partainya, PDIP.

"Saya dapat informasi beliau dipanggil oleh partainya sehingga beliau tidak bisa datang kesini karena menghadap partainya mempersiapkan mungkin kampanye-kampanye," ujar Presiden Partai Buruh, Said Iqbal kepada awak media di Istora Senayan, Senin (1/5/2023).

Kemudian Anies Baswedan disebut Said tak merespon undangan yang telah diberikan.

Sementara Najwa Shihab tak hadir lantaran memiliki kesibukan lain.

"Pak Anies tidak memberikan respons apapun. Najwa Shihab kami undang, tapi beliau ada kepentingan yang enggak bisa beliau tinggal," kata Said Iqbal.

Sebagai informasi, dalam Rakernas Partai Buruh, ada empat kandidat bakal calon presiden yang telah ditetapkan.

Empat nama tersebut terdiri dua nama yang telah beredar yakni Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Sedangkan dua nama bacapres alternatif yang direkomendasikan adalah Presiden Partai Buruh Said Iqbal dan jurnalis Najwa Shihab.

Nama Ganjar, diusulkan oleh Executive Committe (Exco) dari 15 provinsi dan Anies diusulkan oleh Exco dari 6 provinsi.

Sedangkan nama Said diusulkan oleh Exco dari 14 Provinsi dan Najwa diusulkan oleh Exco dari tiga provinsi yang hadir dalam Rakernas. 

Baca juga: Said Iqbal: Partai Buruh Belum Putuskan Dukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Meski dua bacapres terafiliasi partai lain, Partai Buruh menegaskan tak memberikan dukungan berdasarkan latar belakang politik.

"Dukungan capres dan cawapres adalah personal, bukan latar belakang partainya," ujar Said Iqbal dalam konferensi pers Rakernas Partai Buruh pada Selasa (17/1/2023).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat