androidvodic.com

Jabat Kadispenau, Ini Segudang Pengalaman Penerbang Pesawat F-16 Kolonel Agung Sasongkojati - News

Laporan wartawan Tribunnews, Ibriza Fasti Ifhami

News, JAKARTA - Kolonel Penerbang (Pnb) Agung Sasongkojati menjabat sebagai Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau), terhitung sejak Kamis (11/5/2023) hari ini.

Ia menggantikan eks Kadispenau Marsma Indan Gilang Buldansyah, yang telah menjabat sekira selama dua tahun enam bulan.

Sebelum menjabat sebagai Kadispenau, Kolonel Agung Sasongkojati telah memiliki segudang pengalaman selama karirnya di TNI Angkatan Udara.

Ia sempat mengisi jabatan sebagai Paban II Spotdirga TNI AU sekaligus menjabat Kepala Unit Drone FASI (Federasi Aero Sport Indonesia).

Baca juga: Soroti Pentingnya Kaum Milenial, Kadispenau Kolonel Agung Dorong Generasi Muda Gabung TNI AU

Dikutip dari berbagai sumber, Kolonel Agung Sasongkojati merupakan lulusan Sekolah Penerbangan (Sekbang) tahun 1988.

Ia merupakan penerbang pesawat tempur F-16 Fighting Falcon dengan call sign 'Sharky'.

Kolonel Pnb Agung pernah mengikuti Royal Australian Air Force (RAAF) Central Flying School, pada tahun 1995.

Ia kemudian menjadi fighter weapon instructor, pada tahun 1999.

Karir militernya tak berhenti di situ, Kolonel Agung menjalani pendidikan di U.S Air War College (AWC), Maxwell AFB, Montgomery Alabama selama setahun dan lulus dengan hasil memuaskan.

Dari pendidikannya di AWC Program Master, Kolonel Agung mendapat gelar Master of Strategic Studies dengan spesialisasi Strategi Keamanan Nasional.

Gelar dari AWC Program Master itu menggenapi gelar master yang telah disandang Kolonel Agung sebelumnya, yakni Master of Military Operational Arts and Science.

Adapun gelar pertamanya itu diraih dari pedidikan di U.S Air Command and Staff College, Maxwell AFB, pada tahun 2005.

Sebelumnya, Kolonel Pnb Agung Sasongkojati mengatakan, dirinya siap melanjutkan tugas-tugas Dispenau dengan lebih baik dannmeneruskan kinerja yang sudah dicapai oleh Marsma Indan.

"Saya sekarang bertugas menjadi kepala dinas penerangan, dan saya siap membantu media untuk mendapatkan berita yang akurat dan terkini. Namun juga berita itu diharapkan bisa mencerdaskan bangsa," ucap Agung, saat ditemui usai acara Lepas Sambut Kadispenau, di Gedung Ardhya Loka, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (11/5/2023).

Baca juga: Tangis Haru Warnai Pisah Sambut Kadispenau, Marsma Indan: Bagi Saya Tugas Adalah Kehormatan

Eks Kadispenau Marsma Indan Gilang Buldansyah dan Kadispenau baru, Kolonel Penerbang (Pnb) Agung Sasongkojati hadir langsung dalam acara ini.

Pantauan di lokasi, kegiatan pisah sambut berlangsung mulai pukul 13.00 WIB di Puri Ardhya Loka, dengan dihadiri seluruh jajaran staf Dispenau.

Acara tersebut berlangsung khidmat dan haru karena menjadi ajang perpisahan bagi Marsma Indan dengan para rekannya di Dispenau.

Untuk diketahui, Marsma Indan akan melanjutkan pendidikan di Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhannas). Sedangkan Kolonel Pnb Agung Sasongkojati akan mempersiapkan agenda Hari Bakti TNI AU yang akan dihelat pada 29 Juli 2023 nanti.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat