androidvodic.com

Pengamat: PDIP Full Total Dukung Ganjar Jadi Presiden 2024 - News

News, JAKARTA - Saat peringatan Bulan Bung Karno (BBK) di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta para tokoh sentral PDI Perjuangan selain Megawati Soekarnoputri seperti Puan Maharani dan Joko Widodo (Jokowi) satu suara mendukung dan memberi semangat kepada Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo.

Hal tersebut sebagai bukti bahwa internal PDI Perjuangan sudah satu suara untuk mengusung dan mendukung penuh Ganjar Pranowo untuk berkontestasi dan memenangkan pilpres tahun 2024 mendatang.

"Apa yang disebut Puan sosok Ganjar istimewa lalu pak Jokowi bilang semangat pak Ganjar. Dari sudut semiotika di internal PDIP dalam hal ini Puan dan Jokowi sebagai tokoh sentral selain Megawati menunjukkan bukti sudah satu derap langkah mengusung Ganjar. Pernyataan Jokowi juga saya kira sangat jelas mendukung Ganjar bukan kandidat lain," kata Pengamat Politik Emrus Sihombing, Senin (26/6/2023).

Emrus menilai wajar apabila PDI Perjuangan sudah satu suara mendukung penuh Ganjar Pranowo karena memang yang bisa melanjutkan pembangunan Jokowi hanya sosok Gubernur Jawa Tengah tersebut.

Ganjar kata Emrus juga homogen dan satu garis perjuangan dengan partai.

"Kalau kita cek ucapan Presiden Jokowi jelas memberikan dukungan kepada Ganjar dibanding capres lain lalu apa yang diucapkan Puan, ketika Puan mengatakan Ganjar istimewa itu bukti bahwa partai memberikan dukungan total full kepada Ganjar Pranowo," ujar Emrus.

Dosen Universitas Pelita Harapan ini juga menyebut dari peringatan puncak Bulan Bung Karno (BBK) kemarin jelas sekali dilakukan sebagai ajang menunjukkan kekuatan dukungan kepada Ganjar Pranowo meski sosok eks Anggota Komisi II DPR tersebut bukan berasal dari trah Soekarno.

"Secara lambang non verbal saya melihat iya meski bukan keturunan biologis Bung Karno tapi Ganjar adalah cucu ideologis Bung Karno sehingga perjuangan Bung Karno terus dilakukan Ganjar Pranowo sampai saat ini," ujar Emrus.

Sementara untuk dukungam verbalnya kata Emrus bisa dilihat dari pernyataan Puan Maharani dan Presiden Jokowi sebagai tokoh sentral PDIP.

Baca juga: Megawati Sebut Ada 3 Parpol yang Masih Pikir-pikir Gabung Dukung Ganjar Pilpres 2024, Ini Kata PKB

"Lambang verbalnya Puan mengatakan istimewa, Jokowi mengatakan semangat verbal ini direpresentasikan bisa dimaknai sebagai suatu dukungan kepada Ganjar Pranowo yang sangat luar biasa," ujarnya.(Willy Widianto)
 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat