androidvodic.com

DPR Bakal Bentuk Pansus jika Pemerintah Tak Serius Tangani Masalah Polusi Udara di Jakarta - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Charles Honoris menyatakan, DPR RI khususnya Komisi IX bakal membentuk panitia khusus (pansus) jika pemerintah tidak serius menangani permasalahan polusi udara di DKI Jakarta.

Kata Charles, rencana pembentukan pansus itu juga disepakati oleh komisi-komisi lain di DPR RI bukan hanya Komisi IX.

"Kalau pemerintah gak serius, kita ini, teman-teman di sini sudah banyak yang mengusulkan mau pansus ya, kita pansusin aja, teman-teman komisi lain setuju kok kita bikin pansus biar pemerintah serius," kata Charles saat rapat kerja Komisi IX DPR RI dengan Menteri Kesehatan RI (Menkes) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (30/8/2023).

Baca juga: Politisi PDIP Mengaku Belum Lihat Langkah Konkrit dari Pemerintah Atasi Persoalan Polusi Udara

Menurut Charles, permasalahan polusi udara tersebut tidak bisa dianggap ringan. Sebab, dampaknya cukup buruk bagi kesehatan masyarakat dan jangka panjang.

"Karena apa? karena ini menyangkut nyawa, menyangkut kita semua, menyangkut anak cucu kita," kata dia.

Atas hal itu, Charles menanyakan kepada pemerintah perihal roadmap atau sejauh mana upaya yang sudah dilakukan pemerintah dalam menangani permasalahan tersebut.

Baca juga: Komisi IX DPR RI Singgung Percepatan Pindah Ibu Kota untuk Tangani Polusi Udara di Jakarta

Dirinya meyakini, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan serius dalam permasalahan ini, namun, belum tahu terhadap para menteri di jajaran.

"Jadi disampaikan ke kita, punya roadmap gak? sedang bikin apa? komunikasi di internal pemerintah seperti apa? kementerian lain serius gak? Bapak Presiden saya yakin serius, menteri-menteri yang lain serius gak, kalau gak serius kita pansusin di sini," ucap Charles di hadapan Menteri Budi Gunadi Sadikin.

Sebelumnya, Wakil Komisi IX DPR RI dari Fraksi PDIP Charles Honoris menyinggung, upaya pemerintah dalam menangani permasalahan polusi udara yang mengkhawatirkan khususnya di DKI Jakarta dan sekitarnya.

Charles menyatakan, sejauh ini dirinya belum melihat langkah konkrit dari pemerintah dalam mengatasi permasalahan polusi udara itu. Padahal, dampak kesehatan dari permasalahan tersebut bisa menjadi sangat buruk.

Hal itu disampaikan Charles dalam rapat kerja Komisi III bersama Menteri Kesehatan RI (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

Menurut dia, seharusnya tidak ada pilihan lain bagi pemerintah untuk segera bergerak mencari penyelesaian yang komprehensif dan jangka panjang atas permasalahan polusi udara ini. 

"Namun sayangnya saat ini saya belum melihat ada concern atau effort, upaya bersama dari pemerintah untuk melakukan ini," ujar Charles dalam ruang rapat, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (30/8/2023).

Baca juga: Rapat di DPR, Menkes Singgung Potensi Membengkaknya Biaya Belanja BPJS Kesehatan Akibat Polusi Udara

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat