androidvodic.com

KPK Sita Hummer H3, Mini Morris dan Toyota Roadster Jadul Kepunyaan Andhi Pramono - News

News, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita tiga mobil mewah kepunyaan mantan pejabat Bea Cukai Andhi Pramono.

Tiga mobil mewah dimaksud antara lain:

• 1 unit mobil merek Hummer H3, model jip, warna silver beserta 1 buah kunci kontak;
• 1 unit mobil merek Morris, tipe Mini, model sedan warna merah beserta 1 buah kunci kontak;
• 1 unit mobil merek Toyota, tipe Roadster, model penumpang warna merah beserta 2 buah kunci kontak. 

"Tim penyidik telah melakukan penyitaan 3 unit kendaraan mewah yang diduga milik tersangka AP (Andhi Pramono) yang diduga sengaja disembunyikan yang berada di Ruko Green Land, Kecamatan Batam Centre, Kota Batam, Kepulauan Riau," kata Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Kamis (21/9/2023).

Andhi Pramono mobil jadul 2
KPK menyita tiga mobil mewah kepunyaan mantan pejabat Bea Cukai Andhi Pramono. Tiga mobil itu antara lain, Hummer H3, Mini Morris, dan Toyota Roadster jadul.

Ali mengatakan, ketiga mobil mewah itu kemudian diletakkan di Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Klas II Tanjungpinang.

"Selanjutnya dilakukan penitipan dan penyimpanan sekaligus pemeliharaan disertai pengamanan di Rupbasan Klas II Tanjungpinang," katanya.

Dalam kasusnya, eks Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Makassar Andhi Pramono dijerat dengan sangkaan gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Andhi diduga menerima fee dari pihak swasta setelah memberikan rekomendasi yang menyimpang terkait kepabeanan. 

Selain itu, Andhi juga diduga bertindak menjadi broker atau perantara para importir.

KPK menyita tiga mobil mewah kepunyaan mantan pejabat Bea Cukai Andhi Pramono. Tiga mobil itu antara lain, Hummer H3, Mini Morris, dan Toyota Roadster jadul.
KPK menyita tiga mobil mewah kepunyaan mantan pejabat Bea Cukai Andhi Pramono. Tiga mobil itu antara lain, Hummer H3, Mini Morris, dan Toyota Roadster jadul. (IST/Humas KPK)

Dalam temuan awal KPK, Andhi diduga menerima gratifikasi Rp28 miliar dari sejumlah pihak, termasuk para importir saat masih menjabat di Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan.

Uang itu dikumpulkan dari hasil gratifikasi selama 10 tahun sejak 2012 hingga 2022. 

Ia diduga mengumpulkan uang lewat orang kepercayaannya yang merupakan para pengusaha ekspor impor. 

Kemudian uang ditampung dalam rekening sejumlah pihak, termasuk salah satunya rekening mertua Andhi.

mobil mewah kepunyaan mantan pejabat Bea Cukai Andhi Pramono 4
KPK menyita tiga mobil mewah kepunyaan mantan pejabat Bea Cukai Andhi Pramono. Tiga mobil itu antara lain, Hummer H3, Mini Morris, dan Toyota Roadster jadul.

Andhi Pramono diduga juga telah menyamarkan serta mengalihkan uang hasil penerimaan gratifikasinya ke sejumlah aset bernilai fantastis. 

Di antaranya, dengan membelikan rumah mewah di Pejaten, Jakarta Selatan, berlian, hingga polis asuransi.

Atas perbuatannya, Andhi dijerat Pasal 12B Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001. 

Kemudian, Pasal 2 ayat (1) dan Pasal 3 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat