androidvodic.com

Anggota DPR: Larangan TikTok Shop Jual dan Transaksi Solusi Jangka Pendek - News

Laporan Wartawan News, Fersianus Waku

News, JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR RI fraksi PKS Amin Ak menilai keputusan pemerintah melarang TikTok Shop berdagang merupakan solusi jangka pendek untuk melindungi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) produsen.

"Platform social commerce dilarang untuk berjualan langsung dan diperbolehkan untuk sarana promosi atau iklan bisa menjadi solusi jangka pendek," kata Amin Ak kepada News dikutip pada Jumat (29/9/2023).

Amin menjelaskan terdapat dua jenis UMKM yang memanfaatkan platform digital, yaitu UMKM sebagai penjual baik reseller maupun dropshipper dan UMKM produsen.

"Mereka ini merupakan penyedia lapangan kerja yang jumlahnya lebih dari 90 persen dari total lapangan kerja secara nasional," ujarnya.

Menurutnya, UMKM produsen terancam karena harga jual produk di TikTok Shop jauh di bawah harga jual produk UMKM lokal.

"Bahkan ada produk impor yang dijual di bawah harga produksi UMKM lokal," ungkap Amin.

Baca juga: Luhut Bilang Investasi Tiktok di Indonesia Tetap Lanjut Meski Ada Revisi Permendag 50/2020

Amin menuturkan TikTok Shop juga disinyalir menjadi saluran penjualan bagi produk impor dan praktik predatory pricing. Bahkan, dikhawatirkan ada produk illegal ikut diperdagangkan.

"Namun tentu saja, kebenaran terkait kekhawatiran ini harus diselidiki oleh aparat pemerintah untuk membuktikannya," ucapnya.

"Namun yang paling mendasar dan bersifat jangka panjang adalah pemerintah harus bekerja keras membuat UMKM punya daya saing yang kuat dan mampu menguasai dan mengoptimalkan platform digital," sambungnya.

Amin menjelaskan pemerintah harus mencari solusi agar pelaku UMKM produsen mampu melawan serbuan produk impor yang harganya lebih murah.

"Antara lain dari sisi permodalan. Mestinya UMKM kita dipermudah untuk mendapatkan modal usaha dengan bunga kredit yang sangat rendah. Selain itu penguasaan teknologi serta bahan baku bisa lebih rendah, sehingga ongkos produksi lebih murah," jelasnya.

Baca juga: Wakil Ketua Komisi XI DPR Nilai Penutupan TikTok Shop Bukan Langkah Solutif

Selain itu, dia menuturkan TikTok Shop juga dianggap mengancam keberlangsungan UMKM Produsen, karena melalui social commerce konsumen dapat berinteraksi secara langsung dengan penjual saat melakukan transaksi.

"Interaksi antara penjual dan pembeli ini merupakan salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli suatu produk," tuturnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat