androidvodic.com

Sejarah Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober, Diawali G30S 1965 hingga Penumpasan Komunis - News

News - Sejarah Hari Kesaktian Pancasila dilatarbelakangi oleh peristiwa G30S pada 30 September 1965 hingga 1 Oktober 1965.

G30S merupakan gerakan yang berupaya mengkudeta Presiden Soekarno dan mengubah Indonesia menjadi negara komunis.

Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap 1 Oktober 1965 berdasarkan SK Nomor 153 Tahun 1967 yang diterbitkan Presiden Soeharto pada 27 September 1967.

Hari Kesaktian Pancasila adalah hari libur nasional untuk mengingatkan masyarakat, ideologi Pancasila yang tidak bisa diganti dengan ideologi apa pun, dikutip dari wonosari.kendalkab.go.id.

Selama menjadi Presiden, Soeharto menyelenggarakan upacara di depan Monumen Pancasila Sakti setiap tanggal 1 Oktober.

Berikut ini tradisi Hari Kesaktian Pancasila dan ringkasan G30S.

Baca juga: 30 Ucapan Peringatan G30S 2023, Cocok Dijadikan Caption di Media Sosial

Tradisi Hari Kesaktian Pancasila

Pemerintahan Orde Baru yang dipimpin oleh Presiden Soeharto memperkenalkan sejumlah tradisi tahunan untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila.

Soeharto mengeluarkan surat keputusan tertanggal 29 September 1966 yang menetapkan Hari Kesaktian Pancasila diperingati oleh seluruh anggota TNI dan rakyat.

Setiap tanggal 30 September dilakukan pengibaran bendera merah putih setengah tiang sebagai lambang duka untuk mengenang perwira TNI AD yang gugur dalam G30S.

Pada setiap malam 30 September, Soeharto memerintahkan stasiun TV untuk menayangkan film berdurasi 4 jam dengan judul "Pengkhianatan Gerakan 30 September/PKI" yang rilis tahun 1984.

Kemudian, setiap tanggal 1 Oktober, bendera ditanam/dinaikkan secara penuh sebagai simbol kemenangan Pancasila mencegah berkuasanya ideologi Komunis.

Selain itu, upacara bendera juga dilakukan pada tanggal 1 Oktober untuk memperingati peristiwa ini, dikutip dari disnakerpmptsp.malangkota.go.id.

Peristiwa G30S

Relief Monumen Pancasila Sakti di Lubang Buaya, Jakarta, menggambarkan kekejaman PKI dalam peristiwa G30S/PKI.
Relief Monumen Pancasila Sakti di Lubang Buaya, Jakarta, menggambarkan kekejaman PKI dalam peristiwa G30S/PKI. (SejarahJakarta.com)

Baca juga: 5 Teori G30S 1965 soal Dalang Upaya Kudeta dan Pembunuhan Jenderal TNI AD

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat