androidvodic.com

BPJS Satu! Hadir di Tengah Peserta JKN untuk Mempermudah Alur Pelayanan Rumah Sakit - News

News - BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) memberikan kemudahan kepada peserta dalam mendapatkan pelayanan di rumah sakit melalui BPJS SATU! (BPJS Siap membantu). Kemudahan yang dimaksud meliputi pemberian informasi terbaru terkait program JKN, mengedukasi peserta terkait alur pelayanan, penanganan pengaduan, serta memastikan terselesaikannya pengaduan peserta.

Hadirnya petugas BPJS SATU! di rumah sakit diakui sangat membantu sekali. Menurut Tjhin Kong Tji (72) salah satu peserta segmen Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) yang sehari hari nya bekerja sebagai pedagang, sangat bersyukur diri nya dan keluarga telah terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Dirinya tidak menyangka jika sewaktu-waktu menderita sakit seperti sekarang ini. Tjhin Kong Tji dirawat di Rumah Sakit Santo Vincentius sejak 4 hari terakhir lantaran menderita Dyspepsia yang dideritanya.

Baca juga: Bantu Jaminan Jangka Panjang, Nelayan Diajak Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan

“Saya sudah dirawat 4 hari di rumah sakit dan beruntung ketemu dengan petugas BPJS SATU! yang berkunjung ke sini, jadi saya dijelaskan mengenai prosedur tentang penjaminan obat. Bahkan bukan hanya persoalan pelayanan di rumah sakit, tadi saya juga dibantu sama petugas BPJS SATU! untuk proses administrasi di rumah sakit. Awalnya saya merasa takut dan bingung karena takut nya ada biaya tambahan. Ternyata tidak sama sekali ada biaya yang saya keluarkan. Untuk itu, menurut saya petugas BPJS SATU! ini sangat bermanfaat dalam menyebarkan informasi apalagi banyak masyarakat seperti saya yang tinggal di daerah, jarang bahkan tidak pernah datang ke Kantor BPJS Kesehatan untuk mencari informasi,” ungkap Tjhin.

Tjhin menambahkan, bahwa peserta yang sedang berobat di rumah sakit sudah tidak perlu mencari petugas BPJS SATU! kemanapun, karena menurutnya petugas BPJS SATU! akan dengan sendirinya datang menghampiri peserta JKN. Selain itu, ia mengatakan petugas BPJS SATU! Sangat mudah dikenal dan diingat, melihat bahwa seragam yang dikenakan sangat mencolok sehingga mudah dilihat oleh siapapun.

Baca juga: BPJS Kesehatan Luncurkan Loket Pelayanan Informasi dan Portal Quick Response

“Untuk peserta JKN sekarang tidak perlu khawatir lagi, saya yakin ketika ada yang kebingungan di rumah sakit pasti petugas BPJS SATU! ada untuk memberikan informasi. Strategi dari BPJS Kesehatan cukup baik, petugasnya juga kami mudah kenali karena menggunakan rompi dan aksesoris. Informasinya juga jelas yang disampaikan sesuai dengan pertanyaan yang diajukan, saya dengar juga bukan hanya tentang informasi tapi bisa untuk penanganan pengaduan. Semoga cara ini lebih banyak mempermudah dan membantu peserta JKN,” ucap Tjhin.

Salah satu petugas BPJS SATU!, Suci Masithah rutin mengunjungi dan melakukan kunjungan ke pasien rawat inap maupun rawat jalan. Peserta atau masyarakat pada umumnya cukup mengenali petugas dengan rompi khusus, dan bisa mengajukan pengaduan ataupun meminta informasi terkait JKN. Harapannya gerakan ini dapat mempermudah peserta dalam mendapatkan pelayanan.

“BPJS SATU! Sebisa mungkin akan membantu menyelesaikan segala keluhan dan kendala yang dirasakan oleh peserta JKN di rumah sakit. Bagi peserta yang berada di rumah sakit sudah tidak perlu khawatir jika memiliki kendala saat ingin berobat. Kami hadir di tengah-tengah peserta untuk membantu dan terus memberikan kemudahan pelayanan dan informasi kepada peserta JKN yang berada di rumah sakit, sehingga semua kendala nantinya akan terselesaikan hingga tuntas,” Ungkap Suci.

Baca juga: Fitur Antrean Online di Aplikasi Mobile JKN Berikan Kemudahan Akses Pelayanan Bagi Novri

Dalam kesempatan ini, beberapa pasien yang dihampiri awalnya terlihat heran dan merasa asing dengan hadirnya petugas BPJS Kesehatan yang berompi tersebut. Namun, setelah mendapatkan penjelasan maksud dan tujuannya dari petugas BPJS SATU!, banyak peserta yang menghampiri dan memberikan tanggapan yang positif. (*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat