androidvodic.com

Usai Dilantik, Kabasarnas Marsdya TNI Kusworo Gelar Briefing di Kantor Pusat - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kabasarnas) Marsdya TNI Kusworo resmi dilantik Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia Budi Karya Sumadi di Ruang Mataram Gedung Kementerian Perhubungan pada Rabu (4/10/2023).

Dalam sambutannya, Budi berharap Kusworo dapat melaksanakan tugas yang diamanahkan dengan baik. 

"Operasi SAR membutuhkan penanganan yang cepat. Reputasi kinerja Basarnas selama ini sudah diakui, baik di dalam maupun di luar negeri. Saya percaya, Marsdya TNI Kusworo mampu melaksanakan amanah tersebut sekaligus menjawab tantangan Basarnas ke depan yang semakin kompleks," kata Budi dalam keterangan resmi Humas Basarnas pada Rabu (4/10/2023).

Baca juga: Kasus Suap Eks Kabasarnas, KPK Periksa 2 PNS Basarnas

Kusworo yang sebelumnya menjabat Komandan Sesko TNI menyatakan siap melaksanakan tugas yang diamanahkan. 

"Sebagai prajurit, saya siap melaksanakan tugas sebagai Kabasarnas," kata dia. 

Setelah pelantikan, jenderal bintang tiga lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1988 tersebut menuju Kantor Pusat Basarnas di Kemayoran Jakarta Pusat.

Baca juga: KPK Telusuri Aliran Uang di Kasus Korupsi Pengadaan Truk Angkut Basarnas

Bersama sang istri Ika Handriani Kusworo, pria asal Kebumen Jawa Tengah itu kemudian mengikuti tradisi penyambutan pimpinan baru di lingkungan Basarnas

Setelah mendapatkan penghormatan dari personel Basarnas Special Group (BSG), Kusworo dan istri disambut Sekretaris Utama (Sestama) Abdul Haris Achadi bersama istri. 

Abdul kemudian menyerahkan bendera pataka Basarnas kepada Kusworo.

Selanjutnya, Abdul mengalungkan untaian bunga kepada Kusworo dan istri Sestama menyerahkan buket kepada istri Kusworo yang juga akan menduduki jabatan baru sebagai Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Basarnas.

Kusworo kemudian memasuki gedung Basarnas dan mendapat ucapan selamat dari para Pimpinan Tinggi Madya, Pratama, serta para Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang hadir beserta istri. 

Kusworo selanjutnya melaksanakan entry briefing secara offline di Ruang Serba Guna Dono Indarto Gedung Basarnas bersama seluruh jajaran pegawai di Kantor Pusat Basarnas dan melalui online kepada para pegawai UPT di seluruh Indonesia. 

“Ada beberapa point penting yang saya sampaikan pada pengarahan perdana saya kepada seluruh jajaran di lingkungan Basarnas terkait dengan tugas dan fungsi Basarnas dalam penyelenggaraan operasi SAR," kata dia. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat