androidvodic.com

Densus 88 Tangkap 27 Terduga Teroris Jaringan Pendukung ISIS Hari Ini, 9 di Antaranya di Jakarta - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti

News, JAKARTA - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri kembali menangkap teroris di sejumlah wilayah termasuk DKI Jakarta pada Jumat (27/10/2023) hari ini.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan total ada 27 orang yang tergabung dalam kelompok Anshor Daulah atau pendukung ISIS.

"Pada tanggal 27 Oktober 2023 dilakukan penegakkan hukum terhadap 27 orang kelompok Anshor Daulah yang tersebar di berbagai wilayah, antara lain DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Sulawesi Tengah," kata Ramadhan kepada wartawan, Jumat (27/10/2023).

Ramadhan merinci untuk di DKI Jakarta, terdapat sembilan teroris yang ditangkap yakni berinisial SU, MG, SK, AH, FA, MR, AM, UE, dan UB.

Lalu, untuk di Jawa Barat, kata Ramadhan,  terdapat 17 teroris yang ditangkap. Mereka adalah SB, MG, DR,  FM, IM, SG, AO, SM, DS, AP, JN, AP, YR, JM, FK, RY, dan RS.

"Sulawesi Tengah satu tersangka dengan inisial SF," ucapnya.

Meski begitu, Ramadhan tak merinci secara pasti terkait titik-titik atau daerah penangkapan puluhan teroris tersebut.

Total 45 Teroris Selama Oktober

Penangkapan 27 orang teroris hari menjadikan jumlah teroris yang berhasil ditangkap selama Oktober 2023 sebanyak 45 teroris.

Sebelum itu, Densus 88 Antiteror Polri menangkap 18 orang teroris yang tersebar di enam daerah di Indonesia.

Penangkapan berawal pada 2 Oktober 2023 lalu. Pihak Densus berhasil menangkap satu teroris berinisial RA di Sumatera Barat dengan peran sebagai propaganda di media sosial.

Selanjutnya, penangkapan berlanjut di Jawa Barat pada 5 Oktober 2023. Dalam hal ini, satu teroris berinisial AT yang merupakan kelompok Anshor Daulah.

"Kemudian, Sumatera Selatan pada 15-16 Oktober 2023 berhasil mengamankan lima pelaku yang berperan sebagai anggota kelompok Jamaah Islamiyah antara lain HN, MA, IW, AS, dan AN," ucapnya.

Selanjutnya, Densus juga menangkap empat teroris di Lampung pada 18 Oktober 2023 yang merupakan anggota kelompok Jamaah Islamiyah (JI) yakni MA, AZ, IS, dan S.

"NTB pada 19-23 Oktober 2023 berhasil mengamankan enam pelaku merupakan anggota kelompok Anshor Daulah antara lain M, I, BH, RM, M, MIW," jelasnya.

Baca juga: Densus 88 Antiteror Polri Tangkap 18 Teroris di 6 Kota Selama Oktober 2023

Terakhir, Ramadhan menyebut pihak Densus menangkap satu terduga teroris berinisial UH di Kalimantan Barat pada 19 Oktober 2023.

UH, kata Ramadhan, dalam hal tersebut berperan sebagai propaganda di media sosial (medsos).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat