androidvodic.com

Mengenal Lebih Dekat Cara Meminimalisasi Kecelakaan Kerja di PT GNI: Dari Perusahaan untuk Karyawan - News

News - Keselamatan kerja merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam dunia industri dan bisnis. Lingkungan kerja yang aman, minim  dari risiko kecelakaan kerja, dan kondusif adalah kunci untuk memberikan perlindungan dan menjamin keselamatan para pekerja.

Ditunjang dengan adanya saling kepedulian antara karyawan dan perusahaan dalam saling menjaga lingkungan kerja yang baik,  lingkungan kerja yang berkualitas  dapat memengaruhi kesehatan dan produktivitas karyawan. Hal ini Imbasnya, perusahaan pun akan mengalami peningkatan produktivitas seiring meningkatnya kesejahteraan lingkungan kerja. 

Maka dari itu, untuk meminimalisasi kecelakaan kerja, sebagai perusahaan, PT GNI memiliki komitmen untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman. Hal ini menunjukkan PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) sebagai salah satu perusahaan yang menyadari betul pentingnya memberikan rasa aman dan perlindungan bagi para karyawan.

Sebagai informasi, PT GNI merupakan perusahaan industri smelter pengolahan bijih nikel Indonesia yang terletak di Sulawesi Tengah tepatnya Desa Bunta, Morowali Utara. Dalam menjalankan proses peleburan nikel, perusahaan ini mengaplikasikan teknologi Rotary Kiln Electric Furnace (RKEF) yang menghasilkan produk berupa Nickel Pig Iron (NPI).

Baca juga: Utamakan Keselamatan Pekerja dan Warga, PT GNI Hadirkan Bantuan Mobil Ambulans

Sejak berdiri mulai tahun 2019 hingga kini, PT Gunbuster telah memiliki belasan ribu  karyawan yang sebagian besarnya merupakan warga negara Indonesia (WNI), tepatnya warga lokal Sulawesi Tengah. Hal ini sudah dikonfirmasi oleh pihak perusahaan yang mengatakan jumlah karyawan mencapai angka sekitar lebih dari 12.000 orang. 

Dengan jumlah pekerja yang cukup banyak, perihal keamanan dan keselamatan pekerja tentu menjadi tantangan bagi PT Gunbuster. Meskipun begitu, perusahaan senantiasa berupaya untuk berkomitmen menerapkan regulasi keamanan kerja dan meningkatkan prosedur keselamatan kerja sesuai ketentuan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, yakni Undang-Undang (UU) No.1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja serta aturan turunannya.

Prosedur keselamatan kerja PT GNI

Bekerja di industri pengolahan seperti halnya smelter atau peleburan dan pemurnian nikel merupakan salah satu aktivitas dengan risiko keselamatan dan kesehatan yang sangat tinggi, sebab proses produksinya berkaitan erat dengan alat-alat dan suhu tinggi yang bisa mencapai hingga ribuan derajat celcius. 

Oleh karenanya, PT Gunbuster Nickel Industry berkomitmen menjalankan prosedur keselamatan kerja sesuai dengan standar peraturan yang berlaku di Indonesia guna meminimalisir kecelakaan kerja dan menjaga kesehatan karyawan.

Selain menjalankan UU No. 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja, PT Gunbuster juga telah mengikuti sejumlah peraturan lain seperti, Permenaker No. 5 tahun 1996 tentang SMK3, dan Permenaker no. 4 tentang Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3), dan aturan lain yang berkaitan dengan pengoperasian industri smelter.

Upaya PT Gunbuster dalam memprioritaskan keselamatan karyawan dan mengurangi kecelakaan kerja juga tercermin dalam berbagai kegiatan rutin yang diselenggarakan. Seperti P2K3 perusahaan yang berkolaborasi dengan Basarnas Kota Palu untuk mengadakan pelatihan penyelamatan dan penanganan kecelakaan kerja bagi karyawan.

Pelatihan tersebut bertujuan agar karyawan mampu menerapkan budaya K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) saat bekerja, serta memiliki keterampilan untuk bertindak dalam situasi darurat di pabrik. Adapun pelatihan yang diberikan mulai dari penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan), prosedur evakuasi korban, hingga teknik penyelamatan di dalam air (water rescue).

Guna memastikan pengoperasian di pabrik PT Gunbuster berjalan sesuai prosedur dan regulasi, P2K3 perusahaan juga aktif memberikan giat edukasi bagi para pekerja dengan rutin melakukan safety briefing/induction sebelum dan sesudah melakukan aktivitas smelter.

Baca juga: Lebih dari Prosedur Keamanan Kerja, PT GNI Berperan Memajukan Ekonomi Desa Bunta hingga Desa Tanauge

Penyelenggaraan koordinasi rutin tersebut bertujuan untuk membantu meningkatkan kesadaran karyawan terhadap risiko dan prosedur keselamatan kerja yang tepat. Tak hanya itu, PT Gunbuster juga menginvestasikan peralatan dan infrastruktur yang memenuhi standar keselamatan guna memaksimalkan keamanan dan keselamatan harian para karyawannya saat bekerja.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat