androidvodic.com

Sampaikan Eksepsi, KPK Minta Majelis Hakim Tolak Permohonan Praperadilan Eddy Hiariej Cs - News

Laporan wartawan News, Fahmi Ramadhan

News, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta agar hakim tunggal Estiono menolak seluruhnya gugatan praperadilan yang diajukan mantan Wamenkumham Edward Omar Sharif Hiariej alias Eddy Hiariej beserta asisten pribadi dan pengacaranya yakni Yogi Arie Rukmana dan Yosi Andika Mulyadi.

Adapun hal itu diungkapkan Tim Biro Hukum KPK saat membacakan eksepsi atau jawaban atas permohonan praperadilan Eddy Hiariej Cs di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (19/12/2023).

"(Meminta hakim) Menolak permohonan praperadilan yang diajukan para pemohon," ujar anggota tim Biro Hukum KPK di ruang sidang.

Selain itu KPK juga meminta agar hakim menyatakan penyidikan terhadap para pemohon berdasarkan sprindik yang diterbitkan pada 24 November 2023 adalah sah dan mempunyai hukum mengikat.

"Menyatakan penyidikan yang dilakukan termohon adalah sah menurut hukum dan mempunyai kekuatan mengikat," jelasnya.

Kemudian dalam jawaban atau eksepsinya itu pula, tim KPK juga meminta hakim Estiono menyatakan penetapan tersangka terhadap ketiga pemohon adalah sah.

Pasalnya KPK menilai bahwa dalil para pemohon dalam gugatan praperadilan tersebut dianggap tidak benar dan keliru.

"Menyatakan penetapan para pemohon sebagai tersangka adalah sah dan berdasarkan hukum yang sah dan mempunyai kekuatan mengikat," tuturnya.

Alhasil hakim pun diminta oleh kubu KPK untuk menerima dan mengabulkan secara keseluruhan nota eksepsi yang dibacakan pihaknya atas gugatan praperadilan kubu Eddy Hiariej Cs.

"Menerima dan mengabulkan tanggapan termohon untuk seluruhnya," pungkasnya.

Sebagai informasi, eks Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham), Edward Omar Sharif Hiariej alias Eddy Hiariej, menggugat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas status tersangka yang disematkan kepada dirinya.

Eddy Hiariej mengajukan praperadilan ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan pada Senin, 4 Desember 2023.

Eddy Hiariej mengajukan praperadilan bersama dua orang dekatnya, Yosi Andika Mulyadi dan Yogi Arie Rukmana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat