androidvodic.com

Cuaca Besok, Jumat, 5 Januari 2024, BMKG: 32 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat dan Angin Kencang - News

News - Berikut peringatan dini cuaca besok di Indonesia pada Jumat, 5 Januari 2024.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merangkum data prakiraan cuaca besok dan sejumlah wilayah diperkirakan terjadi hujan lebat disertai angin.

Dari pengamatan BMKG diketahui prakiraan cuaca besok, terdapat 32 wilayah di Indonesia yang berpotensi terjadi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang.

Menurut BMKG, hal itu terjadi karena adanya sirkulasi siklonik terpantau di Perairan utara Kalimantan Barat, dan di sekitar laut banda Tenggara Sulawesi Tenggara yang membentuk daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang di laut Cina Selatan dan Kalimantan Barat bagian utara, Sabah hingga Sarawak.

Serta Perairan Utara Kep. Bangka Belitung, Sulawesi selatan Hingga Teluk Bone, dan Sulawesi Barat hingga Sulawesi Tenggara dari Samudera Hindia barat.

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang dari Samudra Hindia barat Sumatera, Jawa Timur hingga Jawa Tengah, dan Papua Barat.

Baca juga: BMKG Imbau Pemerintah dan Publik Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem di Awal Tahun 2024

Sedangkan daerah pertemuan angin (konfluensi) terpantau berada di Selat Karimata hingga Pesisir Selatan Kalimantan Tengah, Utara Jawa dan sulawesi Tengah bagian selatan.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut.

Simak daftar wilayah di Indonesia yang yang diperkirakan berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang dikutip dari web.meteo.bmkg.go.id:

Cuaca Besok di Wilayah Indonesia

Jumat, 5 Januari 2024

  • Daftar wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

- Bali

- Nusa Tenggara Barat

- Banten

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat