androidvodic.com

Dilantik Jokowi Jadi Menteri ATR, Segini Harta Kekayaan AHY yang Dilaporkan ke KPK 2016 Lalu - News

Laporan Wartawan News, Ilham Rian Pratama

News, JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai menteri agraria dan tata ruang/kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (21/2/2024). 

AHY menggantikan Hadi Tjahjanto yang dilantik Jokowi sebagai Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam). 

Kendati belum pernah menjadi penyelenggara negara, AHY diketahui pernah maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta pada 2017. 

Baca juga: Dilantik Jadi Menteri ATR, AHY Minta Bimbingan Hadi Tjahjanto

Untuk kepentingan maju di Pilgub DKI tersebut, AHY menyampaikan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 3 Oktober 2016.

Dikutip dari laman elhkpn.kpk.go.id, AHY saat itu mengaku memiliki harta Rp15,29 miliar dan 511.332 dolar Amerika Serikat (AS). 

Harta kekayaan AHY tersebut terdiri dari dua bidang tanah dan bangunan di Jakarta Selatan dan satu bidang tanah di Kabupaten Bogor. 

Tanah dan bangunan AHY itu ditaksir senilai total Rp 6,7 miliar. 

Selain itu, AHY mengaku memiliki satu unit mobil Toyota Vellfire dengan nilai Rp550 juta. 

AHY juga memiliki peternakan senilai Rp360 juta. 

AHY juga memiliki perusahaan bernama PT Exquisite Indonesia senilai Rp360 juta. 

Tak hanya itu, AHY memiliki harta bergerak lainnya dengan nilai total Rp688 juta. 

Harta bergerak lainnya itu terdiri dari logam mulia hasil sendiri senilai Rp324 juta, logam mulia dari warisan dan hibah senilai Rp199,8 juta, batu mulia senilai Rp40 juta, dan benda bergerak lainnya senilai Rp125 juta. 

Selanjutnya, AHY memiliki giro dan setara kas dengan nilai total Rp6,9 miliar. 

Dalam LHKPN itu, AHY mengaku tidak memiliki utang. 

Dengan demikian, harta AHY dalam LHKPN yang dilaporkan pada Oktober 2016 senilai total Rp15.291.805.024 dan 511.332 dolar AS.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat