androidvodic.com

Kepala Otorita soal Kabar Penggusuran Warga Sekitar IKN: Semua Nanti Kami Sosialisasikan dengan Baik - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, JAKARTA - Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono menepis adanya tudingan kalau pembangunan proyek IKN di Kalimantan Timur telah mengganggu kehidupan masyarakat adat di Kalimantan.

Kata dia, sejatinya pembangunan proyek IKN itu dilakukan tanpa adanya penggusuran yang semena-mena.

"Enggak ada gusur-gusuran. Tidak ada penggusuran semena-mena. Semuanya nanti kami akan sosialisasikan dengan baik. Semua dibicarakan dengan baik, kan gitu," kata Bambang saat ditemui awak media usai rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR RI, di Kompleks Parlemen, Senayan, Senin (18/3/2024).

Lebih lanjut, Bambang juga menyatakan, pembangunan proyek IKN ini nantinya bisa mencapai manfaat bagi masyarakat di wilayah secara luas.

Menurut dia, jika suatu kawasan bisa ditata dengan tertib dan baik, maka akan menciptakan dampak yang bagus pula bagi masyarakat sekitar.

"Yang paling penting di satu sisi kita harus memiliki tata ruang yang tertib. Semua orang kan kalau kawasannya bagus, kwasannya tertib itu kan tidak hanya mereka yang berusaha saja tapi semua orang disitu juga akan menerima manfaat," kata dia.

Baca juga: Fakta Rumah Dinas Menteri di IKN: Luhut Sebut Terlalu Kecil, tapi Telan Biaya Rp 14 M per Unit

Bambang Susantono selaku orang nomor satu IKN itu juga mengklaim kalau selama ini pihaknya selalu mendengar dan berdialog dengan warga sekitar.

Dengan begitu, dia menegaskan pembangunan IKN ini merupakan penataan suatu kawasan yang mengusung konsep humanis.

"Kita akan tetap dialog sosial karena memang ada beberapa tempat yang memang kita harus tata kawasannya, menata kawasan. Tapi saya sampaikan bahwa kita punya konsep penataan kawasan yang humanis," ujar dia.

Sehingga, Bambang berharap kalau polemik soal isu penggusuran warga adat di IKN bisa segera mereda.

"Jadi kalau kemarin ada ribut-ribut itu mudah-mudahan itu yang terakhir ibu," tukas Bambang.

Baca juga: Tak Hanya Mobil Terbang, IKN Bakal Dilengkapi Tiang Listrik Cerdas Bisa Jawab Pertanyaan Warga

Sebelumnya, Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi PAN Guspardi Gaus mempertanyakan soal nasib masyarakat adat di Kalimantan terhadap pembangunan proyek Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kata dia, nasib masyarakat adat saat ini menjadi sorotan sebab terancam adanya penggusuran.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat