androidvodic.com

Hasto Balas Pernyataan Prabowo: Hanya PDIP yang Paling Konsisten Menjabarkan Ajaran Bung Karno  - News

Laporan Wartawan News, Fersianus Waku

News, JAKARTA - Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan hanya partainya yang paling konsisten untuk menjabarkan ajaran presiden pertama, Soekarno alias Bung Karno.

Hal ini merespons pernyataan presiden terpilih, Prabowo Subianto yang menyebut Bung Karno tak hanya milik satu partai.

Baca juga: Prabowo Sebut Ada Partai Klaim Bung Karno Milik Mereka, Maksudnya PDIP? 

Hasto menyebut bagaimanapun PDIP memiliki kesejarahan kuat dengan Bung Karno ketika mendirikan Partai Nasional Indonesia (PNI).

"Bagi PDIP, kesejarahan dengan Bung Karno itu sangat kuat karena akar dari PDIP adalah PNI yang didirikan oleh Bung Karno dan menggelorakan suatu semangat kemerdekaan Indonesia saat itu dengan mengorganisir rakyat," kata Hasto saat ditemui di Galeri Nasional, Jakarta, Senin (13/5/2024).

Hasto menjelaskan PDIP secara konsisten menjabarkan ide, gagasan, pemikiran serta cita-cita Bung Karno dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Baca juga: PDIP Respons Pernyataan Prabowo: Kalau Partai Lain Mau Pasang Gambar Bung Karno di Baliho Boleh

"Sehingga, karena emosional bonding itulah PDIP yang paling konsisten di dalam menjabarkan seluruh pemikiran Bung Karno itu khususnya terkait dengan ideologi pancasila, spirit mewujudkan trisakti," ujar Hasto.

Hasto juga tak mempermasalahkan jika partai lain menjalankan seluruh ajaran Bung Karno dalam berpolitik.

"Sekiranya partai lain juga akan menjalankan hal yang sama dengan PDIP, dengan emosional bonding Bung Karno, pemikiran-pemikiran Bung karno, ya tentu saja kami welcome," ucapnya.

Dia menuturkan Bung Karno memang tidak hanya milik rakyat Indonesia, tetapi juga milik warga bangsa.

"Karena Bung Karno bercita-cita untuk merombak sistem internasional yang anarkis menjadi sistem internasional yang mengedepankan kesetaraan antarwarga bangsa yang menentang berbagai bentuk penindasan dalam seluruh aspek kehidupan," tutur Hasto.

Menurut Hasto, Bung Karno mengedepankan kemanusiaan, keadilan, bahkan mengusulkan pancasila menjadi piagam dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk membangun suatu tata dunia yang baru.

Sebelumnya, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto mengatakan ada pihak yang mengklaim jika Bung Karno hanya milik satu partai.

Hal itu disampaikan Prabowo dalam sambutannya pada acara Bimtek dan Rakornas Pilkada PAN di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, Kamis (9/5/2024) malam.

Baca juga: Respons PDIP seusai Prabowo Sebut Bung Karno Milik Rakyat, Bukan Milik Satu Partai 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat