androidvodic.com

Jokowi Tidak Ingin Kota-kota di Indonesia Seperti di Eropa & AS, Mencekam Dipenuhi Gelandangan - News

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

News, BALIKPAPAN - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap kota-kota di Indonesia tidak seperti beberapa kota di Eropa, yang suasananya mencekam karena dipenuhi oleh gelandangan.

Hal itu disampikan Jokowi dalam acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) XVII 2024, di Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (4/6/2024).

Baca juga: Jokowi saat Buka Rakernas Apeksi: Tahun 2045, 70 Persen Penduduk Indonesia Tinggal di Perkotaan

"Jangan sampai kita memiliki kota yang sekarang ini banyak terjadi di Eropa maupun di Amerika, kota-kota yang mencekam. Karena pengangguran banyak karena homeless banyak, dan kita tidak ingin itu terjadi di negara kita Indonesia," katanya.

Presiden Jokowi ingin menjadikan semua kota di Indonesia nyaman dan layak huni. Sehingga banyak orang yang senang untuk mengunjunginya.

"Orang yang berkunjung ke sana senang untuk kembali berkunjung dan orang yang tinggal disitu juga sangat mencintai kotanya karena memberi pelayanan publik yang baik kepada masyarakat," katanya.

Oleh karenanya kata Presiden rancangan pembangunan kota harus dilakukan secara detil.
Apalagi pada 2045 mendatang diprediksi sebanyak 70 persen populasi di Indonesia akan tinggal di perkotaan.

Baca juga: Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Mundur, Jokowi Jadi Berkantor di IKN?

"Apa yang akan terjadi? Beban kota akan menjadi sangat berat. Oleh sebab juga sudah sering saya sampaikan rencana kota secara detil itu harus dimiliki. setiap kota di Indonesia," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat