androidvodic.com

Polri Benarkan Kapolda Jateng Akan Jadi Irjen Kemendag, Masih Tunggu Tes dan Keppres - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti

News, JAKARTA - Polri membenarkan soal isu Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Irjen Ahmad Luthfi yang akan menjadi Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan (Irjen Kemendag).

Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (As SDM), Irjen Dedi Prasetyo mengatakan saat ini masih menunggu Tim Penilaian Akhir (TPA) dan Keputusan Presiden (Keppres).

"Ya karena itu jabatan eselon 1 maka menunggu TPA dan Kepres dulu," kata Dedi saat dihubungi, Senin (10/6/2024).

Isu tersebut sebelumnya disebutkan oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan jika Irjen Pol Ahmad Luthfi sedang dalam proses untuk menjabat sebagai Irjen Kemendag.

Hal tersebut diungkap Zulkifli Hasan yang juga Ketua Umum PAN ini seusai pembukaan Rakorwil PAN Jawa Tengah di Semarang pada Sabtu (8/6/2024) lalu.

Zulhas awalnya ditanya wartawan soal kemungkinan jenderal bintang dua itu harus pensiun dini jika diusung PAN sebagai bakal calon Gubernur Jawa Tengah.

"Sedang proses untuk Irjen Kemendag, sudah hampir selesai," kata Mendag Zulkifli Hasan.

Baca juga: Profil dan Kekayaan Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi Masuk Bursa Cagub Jateng, Ahli Bidang Intel

Selain itu, PAN juga mendukung Irjen Ahmad Luthfi untuk maju di Pilkada Jawa Tengah 2024.

Menurutnya, PAN sudah menyatakan dukungan secara informal kepada Irjen Ahmad Luthfi

"Jateng kan sudah saya Pak Luthfi, ya saya udah dukung Pak Luthfi nanti. Pak Luthfi itu sekarang Kapolda," kata Zulhas di Kantor DPP PAN, Jalan Amil Buncit Raya, Pancoran, Jakarta Selatan pada Senin (3/5/2024).

Menteri Perdagangan RI itu menyampaikan bahwa pihaknya juga menyerahkan kepada Irjen Ahmad Luthfi untuk menentukan bakal calon wakil gubernur (cawagub) yang akan diusungnya.

"Wakilnya siapa? terserah Pak Luthfi, udah saya sampaikan dukung beliau," pungkasnya.

Adapun PAN bukanlah yang pertama membidik Irjen Ahmad Luthfi menjadi cagub Jawa Tengah 2024. Partai NasDem yang pertama kali melakukan penjajakan dengan Irjen Ahmad Luthfi.

"Kader-kader calon-calon juga telah berkomunikasi juga iya gitu loh. Misalnya apa, sebut saja misalnya Kapolda Jateng ternyata juga punya minat untuk mencalonkan Gubernur ini akan komunikasi dengan kita bahkan sudah diagendakan kalau tidak salah besok hari Jumat ya, eh hari Sabtu maaf," kata Ketua DPP Partai NasDem Sugeng Suparwoto di NasDem Tower, Jakarta, Kamis (30/5/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat