androidvodic.com

Korlantas Polri Kampanyekan Keselamatan Berkendara Lewat IT Road Safety Expo 2020 - News

News, JAKARTA - Korlantas Polri kembali akan menggelorakan keselamatan berkendara di jalan raya lewat gelaran IT Road Safety Expo 2020 selama tiga hari mulai 24 – 26 November 2020 di Aula Djajoesman, Korlantas Polri, Jakarta.

Kegiatan ini akan disemarakkan dengan berbagai kegiatan, seperti Pameran Virtual dan Seminar IT secara daring, yang terkait dengan penggunaan TI untuk road safety (keamanan, keselamatan, dan kenyamanan berkendara/berlalu lintas).

Di kegiatan tersebut, juga akan dilakukan soft launching “RasiRosa Korlantas” (Literasi Road Safety) dan pemberian penghargaan IT Road Safety Award kepada Polda dan Polres/Polresta, yang dinilai banyak melakukan inovasi dan telah menjalankan berbagai aplikasi yang terkait IT Road Safety.

Kapolri Jenderal Pol. Drs Idham Azis, M.Si dijadwalkan memberikan keynote speech di agenda yang akan dibuka oleh Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol. Drs. Istiono, MH (KaKorlantas), pada Selasa pagi pukul 09.00 ini.

Baca juga: Korlantas Polri: Kematian dan Cedera di Jalan Akibat Laka Lantas Adalah Tragedi Sia-sia

Agenda Seminar IT Road Safety 2020 yang bertema “Standardisasi dan Integrasi Sistem TI Korlantas Polri” akan mengundang narasumber Direktur Keamanan dan Keselamatan (Dirkamsel) Korlantas Polri, Brigjen Pol. Prof. Dr. Chryshnanda Dwilaksana, M.Si.

Dia akan membahas manajemen integrasi sistem TI Korlantas Polri.

Baca juga: Korlantas Polri Gelar Rapid Test dan Tempel Stiker Ayo Pakai Masker di Kaca Angkot Bogor

Narasumber lainnya adalah Prof. Dr.-Ing. Ir. Kalamullah Ramli, M.Eng. dari Universitas Indonesia sekaligus Dewan Pengawas IdPRO, yang akan mengupas tentang “Strategi Pengelolaan Big Data”, serta Ketua Asosiasi Intelligence Transport System Indonesia, Dr. Ir. Resdiansyah ST MT IPM.

Sejumlah pembicara dari implementator/TI di Korlantas Polri dan beberapa vendor/principal TI juga akan mendemostrasikan kemajuan teknologi TI yang terkait road safety.

KaKorlantas Polri, Irjen Pol. Istiono dalam keterangan persnya, Minggu (22/11/2020) menegaskan, modernisasi TI di Korlantas Polri, dilakukan untuk meningkatkan kecepatan, keakuratan, keefektifan, dan transparansi pelaksanaan tugas-tugas Korlantas Polri sehingga daya dukung Kepolisian/Korlantas Polri kepada negara, pemerintah, dan masyarakat, makin meningkat.

Lewat modernisasi TI, diharapkan kepercayaan masyarakat dan para pemangku kepentingan kepada Korlantas Polri dalam memberikan layanan dan menjalankan tugas-tugasnya, dapat terjaga.

“Saya berharap semua pihak dapat mendukung modernisasi TI di Korlantas Polri secara efektif dan transparan, mengingat teknologi TI / digital berkembang dan berubah sangat cepat," ujar Irjen Istiono.

"Modernisasi TI Korlantas juga diharapkan bisa terintegrasi dan mendukung Smart City dan percepatan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN),” lanjut Irjen Istiono.

Smart Management

Direktur Kamsel Korlantas Polri, Brigjen Pol. Prof. Dr. Chryshnanda Dwilaksana mengatakan, Korlantas Polri saat ini sedang mengembangkan Smart Management agar seluruh rangkaian aplikasi dapat dikonsolidasikan dan diintegrasikan secara efektif dan efisien.

Sistem inputing data yang menjadi variable kunci dari IT Road Safety dimulai dari satuan kerja Polres, Polda, teritegrasi dengan sistem yang terpusat dari berbagai metode inputing dan jenis data manual maupun automatis.

Smart Management di Korlantas, lanjut Chryshnanda, merupakan sistem-sistem elektronik atau sistem online yang saling terhubung yang berbasis Back Office Application denganmemanfaatkan Artificial Intelligent (AI), Internet of Things (IoT) dan IT Network.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat