androidvodic.com

Hino Bikin Bus untuk Bengkel Mobile, Pakai Sasis AK Series, Dilengkapi Bed untuk Istirahat Mekanik - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA - PT Hino Motors Sales Indonesia  (HMSI) membuat inovasi baru berupa bus untuk layanan bengkel mobil atau bengkel keliling untuk melakukan perbaikan armada bus dan truk Hino di tempat (site) pelanggan.

Bus berukuran besar dengan panjang bodi 12 meter ini menggunakan sasis Hino AK series bermesin depan. Bodinya digarap oleh Karoseri Laksana, Ungaran, Jawa Tengah, model Discovery.

Hino Bus AK Mobile Workshop ini untuk pertama kalinya diperkenalkan kepada awak media di acara buka puasa Hino di Jakarta, Kamis, 27 Maret 2023

Menyambut mudik Lebaran 2023 ini, bus berkelir biru dengan julukan Pangeran Biru tersebut langsung diajak bekerja keras mendukung kelancaran Posko Mudik Hino yang akan mulai beroperasi pada 19 sampai 30 April 2023.

"Ini merupakan Mobile Workshop pertama yang menggunakan sasis bus. Hino Bus Mobile Workshop ini memiliki kapasitas yang besar sehingga mampu membawa hingga 3 drum oli dan mampu melakukan servis setara 16 unit Hino 500 Series atau medium duty truck atau 22 unit tipe Hino 300 Series atau light duty truck," ungkap Bani dari Divisi After Sales PT HMSI.

Baca juga: Lebaran, Hino Buka 15 Titik Layanan Siaga Mudik di Jawa-Sumatera

Dia menjelaskan, Hino Bus Mobile Workshop bisa memberikan layanan yang lengkap, mulai dari layanan emergency, servis, hingga ketersediaan suku cadang. Selain itu, Hino Bus Mobile Workshop ini memiliki peralatan yang lengkap dan modern seperti Centralized Oil, dan DX Tools untuk memeriksa mesin-mesin kendaraan Hino berjenis commonrail Euro 4.

Hino ini dapat beroperasi untuk menjangkau titik lokasi customer yang jauh dari dealer atau service on site karena dalam bus ini sudah dilengkapi dengan generator, serta kamar mandi dan tempat tidur bagi crew mekanik yang bertugas.

Dalam sekali dikirim ke tempat customer  bus ini bisa berhari-hari beroperasi tanpa perlu buru-buru kembali ke pool.

Dalam sekali perjalanan ke tempat customer, bus ini bisa membawa sekitar enam mekanik.

Tribunnews berkesempatan melihat dari dekat interior bus ini.

Pada bagian dasbor terdapat kontrol AC untuk kabin dengan kompresor yang dipasang di dekat mesin yang berada di depan.

Lantai kabin bus dirancang flat untuk memudahkan mobilisasi tenaga mekanik dan tools serta spare parts.

Antara ruang kemudi dan kabin tengah dipisahkan oleh sekat dinding partisi yang dilengkapi kaca dan pintu swing buka tutup di bagian tengah.

Tempat tidur mekanik ditempatkan di kabin depan tengah sebanyak dua tingkat.
Masuk ke bagian tengah kabin, di kiri kanan kita akan menemukan rak-rak mini di mana suku cadang terutama berjenis fast moving ditempatkan, yang memudahkan mekanik mengambil dan memilih parts yang dibutuhkan.

Di bagian tengah kabin terdapat beberapa drum oli genuine Hino. Drum-drum berisi oli ini dilengkapi dispenser di bagian luar di sisi bagasi kanan pada bodi bus yang bisa mengukur secara tepat kebutuhan oli yang harus dituang.

Di bagian kabin belakang, terdapat crane hidrolik yang digerakkan oleh tenaga mesin generator yang terpisah dari mesin bus, berkapasitas angkut hingga 2 ton.

Generator untuk menggerakkan crane ini ditempatkan di bagian bagasi belakang bodi bus.

Karena bus Hino AK series ini merupakan bus bermesin depan, ruang bagasi belakang menjadi sangat lapang dan sepenuhnya bisa digunakan untuk menempatkan mesin generator untuk menggerakkan crane saat dibutuhkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat