androidvodic.com

Neta V, Jagoan Baru Mobil Listrik di Indonesia! - News

News - Pelan tapi pasti popularitas mobil listrik di Indonesia semakin meningkat. Masyarakat mulai sadar akan dampak positif penggunaan mobil listrik. Hal ini membuat beberapa pabrikan mobil listrik juga lebih percaya diri untuk memperkenalkan produk terbaru mereka di Indonesia, salah satunya Neta. Pabrikan otomotif asal Tiongkok tersebut baru saja merilis mobil listrik terbaru di pasar Indonesia, yakni Neta V.

Mobil Listrik Neta V pertama kali diperkenalkan di Tanah Air pada acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Di acara tersebut Neta memperkenalkan tiga tipe mobil listrik, salah satunya Neta V. Pada akhir Oktober lalu, PT Neta Auto Indonesia (NAI) resmi merilis harga mobil tersebut. Neta V dibanderol Rp 379 juta OTR Jakarta. Harga ini mengindikasikan bahwa Neta V masuk ke jajaran mobil listrik kelas menengah.

Baca juga: Neta Serahkan 100 Unit Pertama Neta V Ke Tangan Konsumen

Sebagai mobil listrik pendatang baru, kehadiran Neta V di GIIAS 2023 cukup menyita perhatian. Ada beberapa kelebihan dari mobil ini yang membuat konsumen tertarik memilikinya. Untuk lebih jelasnya, berikut spesifikasi dan kelebihan yang terdapat pada Neta V.

Mesin Neta V

Dari sisi mesin, Neta membekali mobil ini dengan baterai lithium ion berkapasitas 40,7 kWh. Saat baterai terisi penuh, mobil ini mampu melaju hingga jarak 401 km. Motor elektrik di roda depan mampu menghasilkan tenaga hingga 70 kW atau setara dengan 93 hp dan torsi maksimum 150 Nm.

Satu hal yang sangat menarik dari mobil ini adalah teknologi pengecasan. Neta V memiliki colokan tipe AC dengan tenaga 6,6 kW. Keberadaan colokan ini membuat proses pengecasan berjalan lebih cepat. Hanya perlu waktu 8 jam untuk proses pengecasan dari baterai kosong hingga penuh. Tak hanya itu, Neta juga menyediakan colokan DC untuk fast charging 100 kW. Colokan ini membuat proses pengecasan jauh lebih cepat, hanya butuh waktu 30 menit dari kondisi baterai 30 persen hingga 80%.

Pabrikan Tiongkok ini juga melengkapi Neta V dengan fitur Vehicle to Load (V2L) yang berperan sebagai generator berjalan. Keberadaan fitur ini cukup penting, khususnya bagi Anda yang suka traveling. Neta V mampu menyuplai listrik hingga 3.300 watt.

Desain Eksterior

Dari mesin beralih ke desain luar mobil. Neta V memiliki dimensi panjang 4.070 mm, lebar 1.690 mm. tinggi 1.540 mm, jarak sumbu roda 2.420 mm, dan ground clearance 130 mm. Secara tampilan, mobil ini cenderung terlihat membulat, mulai dari depan hingga belakang. Mobil ini tidak memiliki gril seperti mobil pada umumnya. Namun hal tersebut tidak mengurangi kesan elegan dari mobil ini.

Baca juga: Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia Tahun Depan

Untuk pencahayaan, Neta V dibekali dengan lampu utama yang terintegrasi LED Daytime Running Lights (DRL) dengan teknologi proyektor. Terdapat pula LED High-mounted Stop Light yang baik untuk keselamatan pengguna saat berkendara. Di bagian samping terdapat Electric Outside Door Mirrors dan pelek bergaya alloy wheels 16 inci. Hal ini mampu menghadirkan kesan modern dan elegan. Secara keseluruhan tampilan luar mobil ini terlihat sangat modern dan elegan.

Desain Interior

Bagian dalam mobil ini tidak kalah modern dibandingkan bagian luarnya. Terdapat head unit berukuran 14,6 inci berdiri, mirip dengan yang terdapat di Tesla. Ada banyak fitur menarik di dalamnya, dan semua fitur terintegrasi dengan smartphone Android dan iOS. Mobil ini juga dilengkapi dengan kamera parkir.

Satu hal yang menarik dari mobil ini adalah terdapat tuas pemindah gigi di belakang setir. Tuas ini diberi nama Electronic Shifter. Di setir juga terdapat beberapa tombol lainnya, seperti audio steering switch dan cruise control. Mobil didesain untuk 5 orang penumpang.

Neta juga membekali kendaraan ini dengan 2 USB port dan satu power supply 12 volt. Pengguna dapat memanfaatkannya untuk mengisi daya ponsel selama berkendara. Saat berkendara, pengguna akan semakin nyaman dengan adanya teknologi zero gravity di jok yang berbahan kulit. Masih di area jok, Neta V dibekali dengan ISOFIX di jok belakang yang memudahkan pengguna saat membawa anak.

Baca juga: Mobil Listrik Neta V Terpesan 162 Unit Selama GIIAS 2023

Fitur Keselamatan Neta V

Mobil listrik Neta V juga menggunakan beberapa fitur keselamatan, antara lain Auto Vehicle Hold (AVH), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Hill-start Assist Control (HAC), Hill Descent Control System (HDC), Speed Sensing Auto Door Lock, dan dual front Airbags. Di samping itu, Neta juga menyematkan fitur Electronic Parking Brake (EPB), Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), dan Tire Pressure Monitoring System (TPMS). Keberadaan fitur tersebut akan menjamin keselamatan para penumpang. (*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat