androidvodic.com

Tips Cuci Motor Agar Warna Tetap Awet, Tekanan Air Minimal 100 Bar - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News, JAKARTA - Mencuci motor di musim hujan menjadi lebih sering dan akan menambah budget pengeluaran. Harga untuk mencuci motor rata-rata di Jakarta sekitar Rp 15.000.

Pilihannya agar lebih hemat adalah dengan mencuci motor sendiri. Mencuci kendaraan sendiri lebih murah dibanding harus membawanya ke tempat pencucian mobil maupun motor.

Terlebih, saat ini banyak dijual alat-alat cuci motor profesional untuk penggunaan di rumah. Harganya pun terjangkau dan bisa dipakai berkali-kali.

Akan tetapi, ternyata mencuci motor dengan alat cuci tidak bisa sembarangan. Harus memperhatikan sabun yang dipakai hingga tekanan air yang digunakan.

Agar warna sepeda motor tetap bisa bertahan lama, disarankan untuk menggunakan shampoo khusus kendaraan.

Kemudian, jika memakai alat cuci profesional harus memperhatikan tekanan air. Tekanan air penting agar tidak membuat warna kendaraan cepat pudar.

Chief of Vision PT Perkakas Sumber Karya Nicko, mengatakan mencuci kendaraan yang aman harus menggunakan tekanan air 100 bar.

"Tekanan yang aman itu 100 bar, itu bisa untuk motor dan mobil. Sebab ngga akan mengelupas lapisan seperti coating pada cat. Kalau tekanan air 280 bar itu biasanya buat bersihin dumb truk, oli yang merembes hingga jadi gemuk dan mengendal," tutur Nicko di IIMS 2024, JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (23/2/2024).

Selain itu, penggunaan air panas tidak disarankan untuk menyiram seluruh bodi kendaraan. Namun, hanya pada bagian tertentu.

Baca juga: BYD Seal Mendominasi Permintaan Test Drive di IIMS 2024

Nicko menambahkan, penggunaan air panas hanya bisa dilakukan pada bagian-bagian yang memiliki area yang tertempel aspal atau oli yang mengendal.

"Bahan lengket bekas aspal bisa gunakan air panas di area itu saja. Pakai air panas harus tekanan 150 bar ke atas, kalo di bawah itu nanggung. Air panas bukan membersihkan, tetapi membantu untuk melunturkan saja," jelasnya.

Baca juga: Ganjar Pranowo Kunjungi IIMS 2024: Punya Mobil Listrik Tapi Jarang Dipakai

Nicko menyebut, di IIMS pihaknya memperkenalkan mesin las Vici WLD 3.2 dan Vici WLD 4.0, untuk produk cleaning Vici menghadirkan Vici PWC 70N, Vici PWM 110, Vici PWG 5.5, Vici PWG 7.5 dan Vici HWM 300.

Ada juga Vici PWM 110 memiliki tekanan 130 bar dengan mesin induksi dan memiliki kelebihan dapat menghisap air, sehingga dapat dioperasikan dengan dua cara yaitu dari sumber air di tampungan ataupun langsung dari keran.

HWM 300 merupakan High Pressure Cleaner yang memiliki kelebihan menghasilkan air panas bertekanan 150 Bar.

Vici HWM 300 ini cocok digunakan untuk penggunaan yang membutuhkan tekanan air yang kuat dan air panas yang dapat merontokkan minyak ataupun oli.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat