androidvodic.com

Dorong Ekonomi Nelayan, Relawan Ganjar Bangun Kolam Pemijahan Lele di Pangandaran - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, PANGANDARAN - Sukarelawan Nelayan Balad Ganjar kembali menghadirkan program-program yang bermanfaat untuk membantu kelompok-kelompok nelayan kecil.

Relawan ini membangun kolam pemijahan lele untuk kelompok nelayan kecil yang berada di Dusun Kedungrejo, Desa Wonoharjo, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Selain itu, mereka juga memberikan sejumlah bantuan untuk mendukung budi daya lele para nelayan, mulai dari indukan, bibit lele, hingga beberapa karung pakan lele.

Koordinator Daerah Nelayan Balad Pangandaran, Eko Komarudin mengatakan bantuan diberikan agar para nelayan tetap bisa meraih pendapatan meski tengah menghadapi musim panceklik.

"Di setiap musim bagi nelayan itu ada yang namanya musim paceklik. Di muslim paceklik itu kami enggak bisa melaut sama sekali," jelas Eko dalam keterangannya, Jumat (23/6/2023).

Baca juga: Prabowo Disambut Relawan Bolone Mase dan Diteriaki Presiden Saat Tiba di Solo

Eko menjelaskan bantuan kolam pemijahan dan bibit yang diberikan akan dikelola bersama seluruh anggota kelompok nelayan yang ada.

"Teknisnya nanti kami kelola bersama-sama, terus hasilnya nanti juga bagi rata. Jadi, akan meningkatkan penghasilan nelayan kecil," kata Eko.

Bantuan dari relawan Nelayan Balad Ganjar juga bersifat berkelanjutan.

Bila lele yang dibudi daya telah memasuki masa panen, relawan ini akan menggandeng UMKM dalam pengelolaan dan pemasarannya.

Baca juga: Dua Tokoh Senior PDIP Turun Gunung Hadiri Acara Relawan dan Militan Ganjar Pranowo

"Setelah panen, kami pasarkan dengan membuatnya jadi abon juga. Kami jual ke bakul-bakul dan pedagang setempat," kata dia.

Eko menuturkan, kegiatan itu digelar karena terinspirasi dari kepemimpinan Ganjar Pranowo di Jawa Tengah.

Menurut dia, Ganjar telah mengeluarkan banyak program yang bisa mendorong kesejahteraan nelayan kecil.

"Kegiatan selanjutnya kami akan melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk nelayan kecil di daerah lain," ucapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat