androidvodic.com

Program TMMD 2024 di Karangasem Seolah Jadi 'Jalan Surga' Bagi Warga dan Para Turis di Bali - News

Oleh Letkol Inf Sutikno, S.M

Dansatgas TMMD ke 119 Kodim 1623/Karangasem

News - Sang mentari perlahan beranjak dari ufuk timur menandakan bahwa hari sudah pagi, diiringi kicauan burung nan merdu saling bersahutan dan suasana khas pedesaan seakan menambah kesan eksotis.

Bukit Talas Desa Selumbung yang terletak di wilayah Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem Provinsi Bali, Desa yang terlisolir dan jauh dari perkotaan.

Bukit Talas adalah bukit yang memiliki pemandangan indah yang dapat memanjakan mata wisatawan yang datang.

Salah satu keindahannya adalah hamparan pemandangan yang sangat menakjubkan. Bukit Talas merupakan salah satu destinasi wisata masadepan yang ada di Kabupaten Karangasem.

Bukit ini menyuguhkan pemandangan alam yang indah nan eksotik. Dari puncak bukit ini wisatawan  di suguhkan dengan pemandangan pegunungan, perbukitan dan kebun salak yang menghijau. Wisatawan juga bisa melihat Gunung Agung (Gunung tertinggi di Pulau Bali) yang terlihat jelas dari kejauhan.

Seorang warga Desa I Made Bagus, menghampiri Personel Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dengan sapaan hangat yang khas Om Swastiastu, jam kude mulai megae (Pukul berapa mulai bekerja) Pak Tentara tanyanya, kemudian Personel Satgas TMMD yang kebetulan pada saat itu sedang melaksanakan kegiatan apel pagi di Pos Komando Taktis (Kotis), Om Swastiastu Pak Made, kegiatan dimulai pukul 08:00 Wita sahut Personel Satgas TMMD ke-119 Kodim 1623/ Karangasem Pelda I Wayan Sariyadnya.

Warga Desa Selumbungpun mulai datang berbondong-bondong di Poskotis, berkumpul bersama personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang tergabung dalam Satgas TMMD untuk menerima pengarahan tentang kegiatan yang akan dilaksanakan. Kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) merupakan keterpaduan antara TNI bersama Pemerintah Daerah sebagai upaya percepatan terobosan pembangunan di daerah pedesaan serta sebagai langkah peningkatan infrastruktur dan meningkatkan kesejahteraan masyararakat.

Siap gerak, istirahat ditempat gerak, terdengar aba-aba dari pimpinan apel. Pagi ini kita akan melanjutkan kegiatan pembukaan jalan, dimana kita akan bekerja bersama-sama dengan rakyat, ingat kita lahir dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat, disini kita wujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat ujar Komandan Kodim 1623/Karangasem Letkol Inf Sutikno,S.M.

Siap dilaksanakan Komandan, sahut kompak para personel yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) TMMD yang berbaris rapi yang terdiri dari anggota TNI Angkatan Darat (AD), TNI Angkatan Laut (AL), POLRI, tim penyuluh, tim kesehatan dan tim teknis, serta masyarakat Desa Selumbung.

Semangat juang TNI manunggal dengan rakyat para personel satgas TMMD seolah dipompa oleh Komando dari Dansatgas Letkol Inf Sutikno,S.M, dalam menyelesaikan pengerjaan sasaran fisik pembukaan jalan sepanjang 2.510 meter dengan lebar 6 meter yang menghubungkan Desa Selumbung Kecamatan Manggis dengan Desa Sibetan Kecamatan Bebandem, pembuatan rabat beton sepanjang 250 meter, pembuatan senderan sepanjang sekitar 632,93 meter persegi, pembuatan drainase, pembuatan gorong-gorong dan pembuatan Leneng serta sasaran tambahan rehab tempat Ibadah (Pura), rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), perbaikan saluran irigasi, penghijauan seluas 5 hektar, pembersihan Pasar dan pembersihan sungai.

Gunakan sarana dan prasarana yang sudah kita siapkan dengan baik, seperti alat berat untuk membuka jalan, bahan material bangun, serta atur waktu bekerja dengan baik, jaga kondisi kesehatan rekan-rekan sekalian, apabila ada kendala segera hubungi petugas kesehatan yang sudah disediakan," ujar Dansatgas dihadapan seluruh peserta apel.

Usai kegiatan apel, personel satgas bersama masyarakat menuju ke lokasi kerja masing-masing yang telah ditentukan, Dansatgas turun kelapangan berbaur dengan para prajurit dan masyarakat yang sedang bekerja membuka jalan Surga Selumbung Sibetan.

TNI manunggal dengan rakyat, personel Satgas TMMD sedang bergotong royong bersama warga dalam kegiatan membuka jalan.
TNI manunggal dengan rakyat, personel Satgas TMMD sedang bergotong royong bersama warga dalam kegiatan membuka jalan. (Dokumentasi Kodim 1623/Karangasem)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat