androidvodic.com

Peringati Harlah ke-74, Fatayat NU Kota Tangerang Ziarah ke Makam KH Hasyim Asy'ari hingga Gus Dur - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA - Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Kota Tangerang melakukan ziarah ke makam pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy’ari, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, dan pendiri Fatayat NU yaitu Bu Nyai Murthosiyah (Surabaya), Bu Nyai Khuzaimah (Gresik), dan Bu Nyai Aminah (Sidoarjo) yang semuanya berada di Jawa Timur. 

Agenda ziarah tersebut dilakukan dalam rangka memperingati hari lahir (harlah) ke-74 Fatayat NU.

Baca juga: Ketua Umum PP Fatayat NU Margareth Aliyatul Bicara soal Parenting Menurut Alquran 

Demikian disampaikan oleh Ketua PC Fatayat NU Kota Tangerang Noni Menawati Rabu, 22/5/2024.

Selain ziarah, lanjut Noni, Fatayat NU Kota Tangerang juga akan melakukan silaturrahim ke Pimpinan Wilayah Fatayat NU Jawa Timur dan ke PC Fatayat NU Sidoarjo.

"Ini dilakukan agar pengurus Fatayat bisa belajar dan meniru kesuksesan Fatayat di Jawa Timur yang notabene adalah basis NU di Indonesia," kata Noni kepada wartawan, Kamis (23/5/2024).

Dengan ziarah, Noni menyebut bakal ada berkah dari para mu’assis NU dan Fatayat.

"Dan dengan silaturahmu dan studi banding, para fatayat akan mendapat ilmu dalam rangka untuk memajukan Fatayat NU di Kota Tangerang khususnya dan Banten pada umumnya,” harap Noni.

“Selain ziarah ke para mu’assis NU dan Fatayat NU untuk mencari berkah, Fatayat NU Kota Tangerang akan silaturrahim atau studi banding ke PW Fatayat NU Jawa Timur dan PC Fatayat NU Sidoarjo. Biar pengurus tambah ilmunya dan makin hebat gerakannya”, ujarnya.

Baca juga: Ketua Fatayat NU Kota Tangerang Ingatkan Jemaah Soal Penderitaan Rakyat Palestina

Noni menilai Fatayat NU Kota Tangerang harus mampu menjadi motor penggerak perempuan. 

"Karena hanya dengan pergerakan, peradaban bangsa akan maju. Tetapi pergerakan tidak boleh meninggalkan tradisi yang baik," kata alumni ponpes Babussalam Tangerang ini.

Untuk itu, kata Noni, perempuan harus terus belajar dan mencari sesuatu yang baru tapi tidak melupakan kebaikan yang lama. "Perempuan harus bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman tapi tidak melupakan tradisi dan pemikiran lama yang baik. Hal itu sesuai dengan tema harlah kali ini yaitu “Merawat Tradisi, Menggerakkan Perempuan, Membangun Peradaban”," kata Noni

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Leli Syafawi menyampaikan bahwa kegiatan ini selain diikuti semua pengurus PC Fatayat NU Kota Tangerang juga ada Perwakilan PW Fatayat NU Banten dan perwakilan PC Fatayat NU se Banten yang totalnya sekitar 42 orang.

“Dalam acara ini kita mengajak perwakilan PW Fatayat NU Banten dan PC Fatayat NU se Banten agar Fatàyat NU Banten kompak dan bersatu untuk memajukan perempuan di Banten," ujar Dosen Universitas Islam Tangerang ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat