androidvodic.com

Jadi Partner Smesco, Tiktok Tantang Pengguna Ulas Produk UKM Lokal - News

News, JAKARTA - Platform berbagi video pendek TikTok kini makin populer saja digunakan netizen di Indonesia. Memanfaatkan popularitas TikTok, Semsco menggandengnya untuk kegiatan kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Kampanye ini digulirkan Smesco bareng TikTok For Business, untuk mendorong kreativitas pengguna TikTok menunjukkan kebanggaan mereka terhadap produk buatan UKM Indonesia.

Wujudnya, berupa tantangan (challenge) mengulas produk UKM lokal hingga livestreaming di platform TikTok.

Gernas BBI diharapkan dapat mendukung target pemerintah untuk meningkatkan kontribusi UMKM terhadap produk domestikbruto (PDB) Indonesia sekitar 65 persen di tahun 2024 nanti, seperti yang disampaikan Kementerian Koperasi dan UMKM.

Baca juga: Meriahkan Ramadan, TikTok Suguhkan Festival Online di Bulan Puasa

"Di tengah meningkatnya penggunaan internet dan platform digital, semakin penting bagi pelaku UMKM untuk menunjukkan eksistensi dirinya di ranah digital.

Baca juga: Aplikasi SmartThings Galaxy S21 Series 5G, Bisa Kontrol Perangkat Cerdas di Rumah Lewat Layar Ponsel

"Kami melihat generasi muda yang kreatif di TikTok menjadi suara yang penting untuk menyebarkan semangat Bangga Buatan Indonesia ini. Kami ingin melibatkan masyarakat secara langsung dalam menunjukkan kecintaannya terhadap produk UMKM. Harapannya, usaha kolaboratif ini dapat menyokong pertumbuhan UMKM ke depannya," kata Leonard Theosabrata, Direktur Utama Smesco Indonesia, Senin (19/4/2021).

Baca juga: Ini Alasan Apple Tak Rilis Aplikasi iMessage di Platform Android

Di program kolaborasi ini pengguna ditantang mengikuti challenge #BanggaBuatanIndonesia dengan mengulas produk lokal yang mereka gunakan, menceritakan pengalaman mereka menggunakan produk tersebut, atau memberikan rekomendasi brand lokal kepada pengguna lainnya.

Tantangan ini berlangsung mulai 12 April hingga 30 April 2021. Mereka yang terpilih akan mendapatkan surprise box berisi berbagai produk lokal berkualitas.

TikTok For Business bersama Smesco juga akan menggelar livestream di akun resmi Smesco di TikTok smescoindonesia pada 15 April 2021 membahas berbagai cara yang bisa dilakukan generasi muda untuk mendukung pertumbuhan produk UMKM lokal.

"TikTok memberikan kesempatan bagi para UMKM, untuk dapat menjangkau komunitas pengguna TikTok serta memasarkan produk dan brandnya sesuai dengan budget yang fleksibel," kata Pandu Nitiseputro, Head of SMB, TikTok Indonesia.

Strategi ini diharapkan dapat mengangkat produk lokal.

Sejak diluncurkan pertengahan 2020 lalu, TikTok For Business telah mengedukasi lebih dari 30,000 UKM di Indonesia. TikTok For Business menyediakan platform self-serve yang memungkinkan usaha dalam segala ukuran untuk menjalankan kampanye pemasaran, promosi, serta periklanan dengan anggaran yang fleksibel.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat