androidvodic.com

Twitter Aktifkan Kembali Fitur Pencegahan Bunuh Diri - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

News, NEW YORK - Twitter Inc telah memulihkan fitur yang mempromosikan hotline pencegahan bunuh diri dan fitur keamanan lainnya kepada pengguna yang mencari konten tertentu.

Perusahaan media sosial itu memulihkan fitur tersebut setelah mendapat tekanan dari beberapa pengguna dan kelompok keamanan konsumen atas penghapusan fitur-fitur itu.

Seperti yang dilaporkan Reuters pada Jumat (23/12/2022), Twitter menghapus fitur tersebut beberapa hari yang lalu, menurut keterangan dari dua sumber yang mengetahui masalah ini, yang mengatakan penghapusan itu diperintahkan oleh pemilik baru Twitter, Elon Musk.

Setelah berita penghapusan fitur itu muncul, kepala kepercayaan dan keamanan Twitter Ella Irwin mengonfirmasi penghapusan fitur tersebut. Irwin juga menyebut, penghapusan itu bersifat "sementara".

Baca juga: Elon Musk Rilis Fitur Anyar, Pengguna Twitter Kini Bisa Intip Jumlah Pembaca Tweet

"Twitter sedang memperbaiki relevansi, mengoptimalkan ukuran permintaan pesan dan memperbaiki permintaan yang sudah usang," kata Irwin dalam email yang dikirimkan ke Reuters.

"Kami tahu mereka berguna dan niat kami bukan untuk menghentikannya secara permanen," sambungnya.

Sekitar 15 jam setelah laporan awal, Musk, yang awalnya tidak menanggapi permintaan komentar, men-tweet "Salah, itu masih ada", mengisyaratkan beberapa fitur yang dikabarkan dihapus masih ada di platform media sosial itu.

Menanggapi kritik dari pengguna Twitter, Musk juga men-tweet "Twitter tidak mencegah bunuh diri."

Fitur yang dikenal dengan #ThereIsHelp ini menempatkan banner di bagian atas hasil pencarian untuk topik tertentu. Fitur itu mencantumkan kontak untuk organisasi pendukung di banyak negara yang terkait dengan kesehatan mental, HIV, vaksin, eksploitasi seksual anak, COVID-19, kekerasan berbasis gender, bencana alam, dan kebebasan berekspresi.

Pada Sabtu (24/12/2022), banner tersebut kembali ke penelusuran mengenai bunuh diri dan kekerasan dalam rumah tangga di beberapa negara dengan istilah seperti "shtwt", singkatan dari "self-harm Twitter".

Belum jelas apakah fitur tersebut telah dipulihkan untuk kategori lain. Fitur itu tidak muncul untuk beberapa permintaan pencarian seperti "#HIV".

Twitter melarang pengguna untuk melakukan tindakan menyakiti diri sendiri, meskipun kelompok keamanan konsumen telah mengkritik perusahaan karena mengizinkan postingan yang menurut mereka melanggar kebijakan.

Pada Sabtu, tweet yang menunjukkan gambar grafis dari orang-orang yang memotong lengan mereka muncul di bawah spanduk pencarian menyakiti diri sendiri atau self-harm.

Hilangnya #ThereIsHelp menyebabkan beberapa kelompok keamanan konsumen dan pengguna Twitter mengungkapkan keprihatinan mereka mengenai kesejahteraan pengguna platform media sosial yang rentan.

Dalam email-nya pada Jumat, Irwin mengatakan, "Google melakukannya dengan sangat baik dalam hasil pencarian mereka dan (kami) benar-benar mencerminkan beberapa pendekatan mereka dengan perubahan yang kami buat."

Dia menambahkan, "Google menyediakan permintaan pesan yang sangat relevan berdasarkan istilah pencarian, mereka selalu terkini dan dioptimalkan dengan tepat untuk seluler dan web."

Seorang anggota kelompok penasihat konten Twitter yang baru saja dibubarkan, Eirliani Abdul Rahman, mengatakan hilangnya #ThereIsHelp "sangat membingungkan" dan menghapus "sepenuhnya fitur untuk mengubahnya adalah hal yang tidak biasa".

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat