androidvodic.com

Digitalisasi Rambah Sektor Peternakan, Platform Terik Siapkan Sistem Terpadu Usaha Ternak - News

Hasiolan EP/News

News, JAKARTA - Digitalisasi merambah berbagai macam sektor yang lazimnya dikelola secara konvensional, termasuk bidang peternakan.

Platform online di bidang peternakan ini muncul guna memudahkan usaha peternakan secara digital bagi masyarakat Indonesia.

Satu di antara platform Terik yang menawarkan investasi dengan menciptakan sistem terpadu yang diintegrasikan dengan smart platform mereka.

CEO PT Terik Indonesia Inside Fatihur Rohmat dalam keterangannya diterima Selasa (22/8/2023) menyebut pihaknya merupakan salah satu perusahaan penggagas peternakan digital.

"Kami menyediakan Industri peternakan yang dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat dalam genggaman tangan," kata Fatihur.

Dia menjelaskan, sistem terpadu yang disiapkan pihaknya adalah di bidang usaha peternakan terbagi dari empat tahapan yaitu collecting, aktivasi, perawatan dan bagi hasil.

Sistem yang ditawarkan, kata dia,  sangat sederhana dan mudah karena pengguna hanya perlu membeli paket usaha melalui platform dan mendapatkan seluruh fasilitas serta fitur yang ditawarkan oleh pihaknya.

Melalui aplikasi, pengguna dapat membeli sertifikat digital sebagai bukti kepemilikan produk. Setiap satu produk paket usaha penggemukan sapi terdiri atas 500 sertifikat digital. Oleh karenanya, satu produk paket usaha penggemukan sapi dapat dimiliki beberapa pengguna.

"Terdapat empat tahapan sistem yakni tahap collecting, aktivasi, perawatan dan bagi hasil. Pada tahap collecting, sistem terik akan menghubungkan sertifikat digital milik pengguna secara otomatis sehingga kuota minimal akan terpenuhi dengan cepat, sehingga biaya operasional dalam tahap aktivasi dan perawatan lebih efisien yang berdampak dalam memberikan keuntungan maksimal yang diperoleh saat tahap bagi hasil dilakukan," lanjut Fatihur.

Keuntungan dan layanan fasilitas yang ditawarkan oleh aplikasi ini meliputi fasilitas monitoring dan operasional.

Adapun fasilitas monitoring tersebut diantaranya CCTV, laporan pemeliharaan ternak real time (terkini) dan kunjungan kandang.

Sedangkan fasilitas operasional mencakup semua hal yang berkaitan dengan pemeliharaan sapi antara lain berupa pakan, kandang, alat-alat peternakan, manajemen, tim peternakan, obat-obatan, vitamin, dan lainnya.

Dia juga menambahkan bahwa manajemen peternakan Terik dikelola oleh para profesional di bidangnya dan akan bertanggung jawab penuh terhadap operasional produksinya.

"Berkaitan dengan seluruh manajemen operasional akan dikelola dengan sistem terpadu milik terik yang terintegrasi dengan smart platform terik. Sehingga pengguna juga dapat memantau operasional produksi secara real time (terkini)," jelas Fatihur.

Keuntungan lain yang didapatkan pengguna adalah jaminan ternak hidup.

Dia mengatakan, pihaknya berkomitmen memberikan garansi terhadap ternak yang mati dengan ternak baru demi menjaga kenyamanan pengguna.

Ternak pengganti tersebut akan kembali memulai program penggemukan tanpa ada persyaratan lain, hal ini untuk meminimalisir kerugian pengguna.

Baca juga: Unik, Komunitas Ini Selenggarakan Upacara Kemerdekaan di Platform Snack Video

"Dengan berbagai fasilitas, teknologi, sistem terintegrasi yang dimiliki terik serta keuntungan yang ditawarkan dalam dua tahun bisa mencapai 16,2 persen atau rata-rata mencapai 8,1 persen per tahun. Maka, ini adalah penawaran dan peluang usaha yang luar biasa," tambah dia. (*/)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat