androidvodic.com

Tahun Ini Jemaah Haji Indonesia Dibekali Smart Card, Begini Wujud dan Fungsinya - News

Laporan Wartawan News, Anita K Wardhani dari Arab Saudi

News, MAKKAH - Tahun ini jemaah haji dibekali kartu pintar (smart card). Pemerintah Arab Saudi telah mengeluarkan smart card saat penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/2024 M. Apa fungsinya dan bagaimana bentuknya?

Jemaah haji dapat memanfaatkan smart card ini sebagai akses mengikuti rangkaian ibadah di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna).

Baca juga: Penting! Jemaah Haji Wajib Catat, Jangan Ketinggalan Smart Card atau Hilang, Ini Akses Menuju Arafah

Selasa (23/5/2024) News bersama Tim Media Center Haji (MCH) 2024, berkesempatan mengikuti proses pemilahan smart card di Daker Makkah.

Terlihat, smart card didominasi warna coklat dan putih. Pada bagian depan terdapat foto dan data profil jemaah. Di smart card ini juga terdapat barcode yang bisa dipindai untuk mengetahui data jemaah.

Apa saja data yang tersaji di smart card?

Smart card ini berisi nama jemaah, foto, tempat tanggal lahir, nomor visa dan provider yang menerbitkannya, serta lokasi pemondokan jemaah di Makkah.

Pemerintah Arab Saudi telah mengeluarkan smart card di penyelenggaraan ibadah haji 1445 Hijriah.
Pemerintah Arab Saudi telah mengeluarkan smart card di penyelenggaraan ibadah haji 1445 Hijriah. (Tribunnews/Anita)

Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Makkah Khalilurrahman, di Makkah mengatakan smart card ini merupakan implementasi pelaksanaan peraturan Arab Saudi yang mengeluarkan fatwa bahwa orang yang berhaji tanpa izin hukumnya berdosa.

Baca juga: Kemenag: Jemaah Haji Wajib Menggunakan Smart Card saat Puncak Haji di Armuzna

Karena itu, dia mengimbau agar ketua kloter, ketua rombongan dan ketua regu, termasuk juga jemaah, bertanggung jawab memastikan kartu tidak hilang dan menjaga sebaik mungkin.

Jemaah haji wajib mencatat informasi tentang pentingnya smart card selama musim haji 1445h/2024 M ini. Smart Card adalah salah satu bentuk ketatnya aturan penyelenggaraan haji di Arab Saudi.
Jemaah haji wajib mencatat informasi tentang pentingnya smart card selama musim haji 1445h/2024 M ini. Smart Card adalah salah satu bentuk ketatnya aturan penyelenggaraan haji di Arab Saudi. (News/Anita K Wardhani/MCH 2024)

Baca juga: Tantri Kotak dan Arda Naff Bakal Naik Haji Tahun Ini, Pilih Tunda Keinginan Beli Mobil Baru

"Kami memberikan imbauan ketua kloter, ketua rombongan, ketua regu, dan jemaah agar bisa menjaganya sebaik mungkin. Jangan sampai hilang," imbau Khalil.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat