androidvodic.com

BPK Turut Andil di G20 Soal Transparansi dan Akuntabilitas Tata Kelola Sektor Publik  - News

Laporan Wartawan News, Yanuar Riezqi Yovanda 

News, JAKARTA - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyatakan, merupakan sebuah kehormatan untuk menyambut delegasi negara G20 di Indonesia. 

Sekaligus menghadiri peristiwa bersejarah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Supreme Audit Institutions negara G20 atau SAI20, yang pertama kalinya diselenggarakan sebagai pengukuhan terbentuknya SAI20 menjadi Engagement Group di G20

"Kami yang merupakan lembaga pemeriksa keuangan negara atau supreme audit institution dari negara-negara G20 ingin turut andil pada G20 melalui peran kami, terutama berkaitan dengan transparansi dan akuntabilitas tata kelola sektor publik," ujar Ketua BPK sekaligus Ketua SAI20 Isma Yatun dalam kegiatan SAI20 Summit secara virtual, Senin (29/8/2022).

Baca juga: BPK Temukan Ada ASN Terima Aliran Dana Bansos: NIK Langsung Dibekukan

Menurutnya seiring upaya dunia untuk pulih dari pandemi, masyarakat dunia dihadapkan pada berbagai tantangan, termasuk dalam aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup. 

"Meski kepemimpinan Indonesia sebagai Presidensi G20 dijabat pada masa-masa sulit, tetap bertujuan memastikan agar kita semua dapat sintas dalam menghadapi berbagai tantangan, serta pulih bersama dan menjadi semakin kuat," kata Isma Yatun

Lebih lanjut, dia menambahkan, proses terbentuknya SAI20 yakni sejak dimulainya proses peralihan tampuk kepemimpinan G20 tahun lalu.

Baca juga: Hadapi Tantangan Zaman, G20 Susun Skills Strategy

"Kami telah menyelenggarakan serangkaian pertemuan guna mempersiapkan pembentukan SAI20 sebagai Engagement Group di G20," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat