androidvodic.com

Siapkan Hibah Rp 2,5 M, Program DSC Season 15 Kembangkan Wirausahawan Berdampak Luas - News

News, JAKARTA - Program pengembangan wirausahawan muda bertajuk Diplomat Success Challenge (DSC) kembali diselenggarakan di Indonesia untuk mengembangkan entrepreneur yang usaha digelutinya mampu memberi dampak luas ke masyarakat.

Pada penyelenggaraan tahun ke-15 di 2024 ini, DSC menyiapkan hibah modal usaha senilai total Rp 2,5 miliar untuk para entrepreneur dan dukungan untuk mereka di ekosistem wirausahawan DSC.

Founding Father dan Ketua Dekom DSC, Surjanto Yasaputera mengatakan, penyelenggaraan DSC tahun ini semakin berfokus pada wirausaha yang peduli terhadap isu-isu lingkungan, sosial serta tata kelola yang berkelanjutan dan mengangkat tema 'Bersama Meraih Sukses.'

Baca juga: 24 Peserta DCS Season 14 Ditantang Kembangkan Bisnis Berkelanjutan  

"DSC Season 15 berorientasi pada pengembangan keterampilan, strategi bisnis efektif, serta memberikan jaringan bisnis kepada peserta," ujarnya di acara kick off DSC Season 15 di Jakarta, Kamis, 20 Juni 2024.

Dia menjelaskan, sebagai ekosistem kewirausahaan, DSC menjadi support system antar stakeholder yang ingin saling bersinergi dan berjejaring untuk memanfaatkan peluang yang lebih besar melalui praktik bisnis berbasis Environment, Social & Governance (ESG).

“Prinsip keberlanjutan dalam ESG memperluas makna bahwa kesuksesan bisnis bukan hanya tentang profit, melainkan bagaimana pelaku usaha dapat memberikan kontribusi terhadap masyarakat luas, yang akhirnya dapat meraih kesuksesan bersama," kata Surjanto Yasaputera.

Di penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya program DSC menggulirkan program kolaboratif yang melahirkan banyak inovasi, memberikan dampak dan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi serta concern pada isu blue economy, pemanfaatan sumber daya laut secara berkelanjutan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, peningkatan kesejahteraan dan pelestarian ekosistem laut.

Baca juga: Ini yang KPU Lakukan Setelah Selesai Mengumumkan DCS

Di DSC Season 15 dilakukan penyempurnaan dan peningkatan program kolaboratif dengan memperluas jaringan mitra strategis. DSC tahun ini akan mengedepankan program aktivasi bersama para komunitas entrepreneur demi jangkauan lebih luas.

"DSC Season 15 juga akan berkolaborasi kembali dengan APINDO dalam menyiapkan showcase event untuk para entrepreneur Indonesia," ungkap Surjanto.

Dewan Komisioner DSC Helmy Yahya bilang, wirausahawan muda sukses harus mempunyai DNA 3P, yaitu Paham, Piawai, dan Persona. "Sejak awal program DSC diadakan, ketiga elemen itulah yang menjadi prioritas dalam penilaian peserta,” kata dia.

Sejumlah praktisi dan coach untuk mentorship dan pendampingan peserta di DSC tahun ini diantaranya, M. Jupaka (Serial-preneur), Andanu Prasetyo (CEO of Maka Group, Founder Toko Kopi Tuku), Nilamsari (Founder & Bisdev Director PT Sari Kreasi Boga, Tbk.), dan Arif Budiman (CEO PT Agrindo) sebagai incubator master.

Sejumlah tokoh entrepreneur inspiratif juga akan berbagi ilmu dan pengalaman kewirausahaan mereka di sesi Seleksi Nasional dan Bootcamp serta peluang berkolaborasi dan memperluas bisnis melalui komunitas alumni program ini, yakni Diplomat Entrepreneur Network (DEN).

“Keuntungan mengikuti DSC adalah, wirausahawan dapat mengembangkan keterampilan dan pengetahuan dalam bidang kewirausahaan yang berkelanjutan melalui pelatihan, pendampingan oleh para coach, dan pengalaman praktis dari kesuksesan wirausahawan lain,” kata Dewan Komisioner DSC Season 14, Antarina S.F Amir.

Menurut Program Initiator DSC, Edric Chandra, minat masyarakat mengikuti program DSC terus meningkat setiap tahunnya. Dia optimistis program DSC tahun ini bisa menjangkau lebih luas calon peserta program maupun masyarakat melalui literasi kewirausahaan yang diberikan.

Pendaftaran peserta DSC Season 15 ditutup 22 September 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat