androidvodic.com

Al Qassam Hamas Rilis Video Hidup Sandera AS, Qatar Tampar Israel, Rumah Netanyahu Digeruduk - News

Al-Qassam Rilis Video Sandera Israel-AS Hidup, Qatar Tampar Israel, Rumah Netanyahu Digeruduk

News - Situs web Axios melaporkan, kalau pemerintah Amerika menerima rekaman video tahanan Israel yang ditahan oleh Hamas, Hersh Goldberg Paulin, yang juga memegang kewarganegaraan Amerika, dalam kondisi hidup, Senin lalu.

Laporan itu mengutip seorang pejabat Amerika yang kalau perihal Goldberg dan sandera lainnya menjadi pembahasan dalam diskusi via panggilan telepon antara Perdana Menteri Qatar dan Menteri Luar Negeri Qatar, Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al Thani dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Anthony Blinken, serta pejabat senior di Gedung Putih.

Pejabat itu menambahkan, Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri Qatar bertemu dengan sejumlah anggota keluarga Goldberg di kantornya di Doha beberapa bulan lalu.

Baca juga: Sebut Israel Negara Sampah, Jutaan Pemukim Eksodus: Permintaan Paspor Barat Naik 5 Kali Lipat

video sandera Hamas
Tangkap layar video pengakuan Hersh Goldberg Paulin, seorang warga negara Israel dan AS, yang ditahan oleh Brigade Al Qassam Hamas. Dia menuding Pemerintahan Israel oleh Benjamin Netanyahu sengaja mengabaikan nasib mereka demi kepentingan politik.

Tamparan Qatar Buat Israel

Axios mengatakan, pemberian bukti video tahanan yang hidup dari Brigade Al-Qassam Hamas ke Qatar untuk ditunjukkan ke pihak Amerika Serikat (AS), merupakan pencapaian politik yang penting dalam negosiasi pertukaran sandera yang masih terus berlangsung.

Bukti video ini disebut-sebut juga sebagai tamparan Qatar ke Israel yang menghujani mediator negosiasi itu dengan kritik dan tuduhan keberpihakan terhadap Hamas.

Seperti diketahui, Qatar tersinggung oleh sikap Israel, khususnya terhadap Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu yang menyebut Qatar cenderung berpihak yang berujung pada sulitnya mencapai kesepakatan. 

Qatar bahkan menyiratkan niat untuk mundur sebagai negosiator pertukaran sandera antara Hamas dan Israel karena sikap ofensif Tel Aviv.

"Salah satu alasan pernyataan Qatar yang mengevaluasi kembali perannya dalam mediasi adalah perasaan Doha bahwa Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu melakukan pemolesan politik untuk alasan internal dengan mengorbankan Qatar," tulis laporan Axios mengutip narasumber anonim dari pihak Qatar.

Baca juga: Houthi Naik Darah Lihat Arab Diam Saat Israel Koleksi Kuburan Massal di Gaza, Serangan Diperluas

Polisi berkuda Israel membubarkan demonstran anti-pemerintah yang memblokir jalan selama protes menuntut pembebasan sandera yang ditahan oleh gerakan Hamas Palestina di Jalur Gaza sejak serangan 7 Oktober, di Yerusalem pada 31 Maret 2024. (Photo by AHMAD GHARABLI / AFP)
Polisi berkuda Israel membubarkan demonstran anti-pemerintah yang memblokir jalan selama protes menuntut pembebasan sandera yang ditahan oleh gerakan Hamas Palestina di Jalur Gaza sejak serangan 7 Oktober, di Yerusalem pada 31 Maret 2024. (Photo by AHMAD GHARABLI / AFP) (AFP/AHMAD GHARABLI)

Rumah Netanyahu Digeruduk

Kemarin malam, Rabu (24/4/2024), Brigade Al-Qassam menyiarkan rekaman video tahanan Israel, Hersh Goldberg Poulin.

Dalam video tersebut, sang sandera mengecam apa yang ia gambarkan sebagai pengabaian pemerintah Netanyahu terhadap para tahanan yang ditangkap Hamas.

DIa juga menuntut pemerintah Israel untuk menyepakati negosiasi dengan Hamas untuk membebaskan para sandera Israel.

Keluarga tahanan Israel Goldberg, yang videonya disiarkan oleh Brigade Al-Qassam, mengimbau semua pihak yang terlibat dalam perundingan agar bekerja cepat untuk menyelesaikan kesepakatan pertukaran.

Setelah Brigade Al-Qassam menyiarkan video yang menunjukkan tahanan tersebut meminta bantuan, rumah Netanyahu langsung digeruduk oleh kelompok massa Israel yang sebagian besar disebutkan sebagai keluarga para sandera.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat