androidvodic.com

Ternyata Gerindra Belum Restui Emil Dardak Temani Khofifah di Pilgub Jatim, Prabowo Adalah Kunci - News

Laporan Wartawan News, Igman Ibrahim

News, JAKARTA - Wakil Ketua Umum (Waketum) Gerindra, Habiburokhman mengatakan pihaknya belum menyetujui Emil Elestianto Dardak bakal wakil gubernur (wagub) pendamping Khofifah Indar Parawansa sebagai pada Pilkada Jawa Timur 2024.

Ia menyampaikan, nantinya Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang akan memutuskan tentang pencalonan Emil Dardak ini.

"Saya kurang tahu, saya belum tahu. Tapi, kalau saya melihat, ya pantas-pantas saja. Cuma kalau keputusannya di Gerindra setelah melihat, itu ada di Pak Prabowo yang akan memutuskan," kata Habiburokhman di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (6/5/2024).

Lebih lanju ia mengatakan, Gerindra masih merumuskan sosok yang akan diusung di Pilkada Serentak 2024. Apalagi, partai berlambang burung garuda itu tidak bisa mengusung paslon sendiri.

"Kami dalam merumuskan sosok yang kami dukung di Pilkada itu tergantung pada komposisi dengan partai-partai lain. Jadi nggak bisa (sendiri). Kayaknya sedikit sekali baik pilkada provinsi, kabupaten, kota yang partai Gerindra bisa menentukan sendiri. Karena kursinya belum cukup," ungkapnya.

Baca juga: Daftar ke NasDem, Edy Rahmayadi Telah Ambil Formulir Pendaftaran Pilkada Sumut di 5 Partai

Oleh sebab itu, anak buah Prabowo itu mengatakan pihaknya akan segera komunikasi dengan Khofifah terkait wacana Emil Dardak menjadi bakal wagub Jawa Timur.

"Karena itu kami perlu komunikasi. Bu Khofifah apakah dengan pak Emil atau dengan siapa, kami komunikasi pertama dengan teman-teman koalisi indonesia maju. Yang kedua dengan partai politik lain," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PP Muslimat Nu Khofifah Indar Parawansa memastikan dirinya tidak akan bergabung sebagai menteri pada pemerintahan baru, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Khofifah mengatakan dirinya akan fokus pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur.

"Oh enggak (jadi menteri), Saya dari awal menyatakan insya allah akan fokus di Jawa Timur saja, untuk periode ini saya akan mengikuti kontestasi Pilgub Jatim," ujar Khofifah usai mengikuti acara Halalbihalal PBNU di Kantor PBNU, Jln Kramat Raya, Jakarta Pusat, Minggu (28/4/2024).

Baca juga: Golkar Tetap Dukung Ridwan Kamil Jadi Calon Gubernur di Pilkada Jabar 2024: Belum Ada Nama Lain

Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 ini mengaku sudah ada beberapa partai yang akan mengusung.

Partai yang akan mengusung Khofifah tersebut telah memberikan surat penugasan.

"Sudah dari Desember yang lalu, empat partai. Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, bulan Desember lalu sudah memberi surat penugasan," tutur Khofifah.

Pada Pilgub Jatim kali ini, Khofifah memastikan akan kembali bersanding dengan wakilnya, Emil Dardak.

"Insya Allah saya merasa nyaman dan produktif dengan mas Emil, mudah-mudahan kami bisa bersama lagi," pungkasnya.
 

--

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat