androidvodic.com

WNA Terpilih di Pilkada, 'Ada Kesalahan Verifikasi yang Dilakukan KPUD Kabupaten Sabu Raijua' - News

Laporan Wartawan News, Chaerul Umam

News, JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin menyoroti adanya Bupati terpilih terpilih Sabu Raijua, Orient Patriot Riwu Kore, yang merupakan Warga Negara Asing (WNA).

Menurutnya hal itu merupakan kesalahan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Sabu Raijua, dalam melakukan proses verifikasi administrasi.

Baca juga: KPU: Berkas Bupati Terpilih Sabu Raijua Sudah di Tangan Mendagri dan Dinyatakan Lengkap

"Dalam proses pendaftaran pasangan calon kepala daerah, tentunya harus melalui syarat. Salah satunya syarat lolos dari proses verifikasi administrasi dan kesehatan. Tentunya ada kesalahan yang dilakukan tim verifikasi, sampai lolosnya WNA menjadi calon pasangan yang berlaga dalam pilkada 2020," kata Azis melalui keterangannya, Kamis (4/2/2021).

Mantan Ketua Komisi III itu meminta KPUD di seluruh Indonesia dapat lebih teliti dalam melakukan proses seleksi pasangan calon pada pesta demokrasi selanjutnya.

Baca juga: Kemendagri: Bupati Terpilih Sabu Raijua Punya Paspor AS Tanpa Lepas Status WNI

Jangan sampai hal ini terulang kembali dan menjadi permasalahan di kemudian hari.

"Perkembangan teknologi tentunya memudahkan dalam melakukan verifikasi data administrasi untuk mensingkronkan data kependudukan, tentunya KPUD lebih mudah mencocokan data kewarganegaraan, tentunya sekali lagi KPUD Sabu Raijua kecolongan," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat