androidvodic.com

Tim Laboratorium RSCM Sebut Hasil Swab PCR Rizieq Shihab Telah Terlapor ke Satgas Covid-19 - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, JAKARTA - Hasil tes Covid-19 berbasis swab PCR Muhammad Rizieq Shihab (MRS) dikabarkan secara otomatis telah terlapor ke database tim Satgas Covid-19.

Hal itu diungkapkan langsung dokter laboratorium Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) dr Nuridiyah Indrasari saat dirinya duduk sebagai saksi yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam sidang lanjutan Rizieq Shihab di Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Mulanya Rizieq Shihab menanyakan terkait kesaksian Nuri yang mengatakan bahwa segala spesimen yang diterima laboratorium RSCM sudah secara langsung terekam ke database satgas Covid-19.

Baca juga: Kata Rizieq Shihab, Gara-gara Bima Arya Berkoar di Media, Upaya Menutupi Perawatan di RS UMMI Gagal

"Tadi ada hal menarik, dokter Nuri katakan lab RSCM tersambung dan terlapor langsung ke satgas. Berarti hasil tes saya terlaporkan?" tanya Rizieq kepada Nuri dalam persidangan.

"Iya (terlaporkan)," jawab Nuri kepada Rizieq Shihab.

Menanggapi jawaban Nuri, Rizieq Shihab lantas menyimpulkan bahwa hasil test Swab PCR dirinya telah terekam di database satgas Covid-19.

"Artinya itu sudah terlaporkan ke satgas Covid-19," tutur Rizieq.

Dalam kesaksiannya Nuri mengatakan, segala spesimen atau sampel test swab PCR yang diterima laboratorium RSCM diperlakukan sama secara prosedural.

Di mana kata Nuri, hal tersebut sudah menjadi aturan dari negara selama pandemi Covid-19 masih melanda Indonesia.

Baca juga: Alasan Rizieq Shihab Bersikeras Minta Pulang Meski Pengobatan di RS UMMI Belum Tuntas

"Itu sudah prosedur dan sudah diatur negara, bahwa selama masa pandemi semua hasil PCR harus dilaporkan negara melalui sistem all record tersebut. Jadi kami lab menerima semua spesimen dari RS maupun dari luar RS," tuturnya.

Diketahui, Muhammad Rizieq Shihab (MRS) terkonfirmasi positif Covid-19 berdasar hasil test swab PCR pada 28 November 2020 silam.

Hal itu diungkapkan Dokter Laboratorium Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Nuridiyah Indrasari yang membeberkan, awalnya tim lab RSCM menerima sampel dari tim Medical Emergency Rescue-Comittee (MER-C).

Baca juga: Di Persidangan, Relawan Tim Mer-C Beberkan Alasan Rizieq Shihab Dirujuk ke RS UMMI Bogor

Pemeriksaan sampel swab test PCR yang dilakukan tim MER-C itu sendiri dibawa langsung oleh dr Hadiki Habib yang merupakan dokter pribadi Rizieq Shihab.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat