androidvodic.com

Jelang Pemilu 2024, Ketua MPR Ajak Pemuka Agama Bantu Umat Menghindari Politik Identitas - News

Laporan Reporter News, Naufal Lanten

News, JAKARTA - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR RI) Bambang Soesatyo mengajak pemuka agama untuk membantu umat menghindari politik identitas menjelang Pemilu 2024.

Hal ini disampaikannya saat memberi sambutan acara Perayaan Hari Persaudaraan Kemanusiaan International dan Pekan Kerukunan Antar Umat Beragama Sedunia di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (5/2/2023).

Ia mengatakan bahwa saat ini Indonesia bersiap menyambut tahun politik. Sebab pada 2024 mendatang, akan diselenggarakan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak.

Baca juga: Jelang Pemilu 2024, KPU akan Lakukan Sosialisasi bagi Pemilih Pemula, Gunakan Simulasi dan Website

“Saya sungguh berharap bahwa komitmen dan semangat persaudaraan insani dan kerukunan umat beragama yang kita teguhkan hari ini, dapat memperkuat solidaritas kebangsaan kita sehingga mampu menghindari segenap anak bangsa dari berbagai ancaman dan potensi konflik,” kata Bamsoet.

Politikus Partai Golkar ini menambahkan bahwa berdasarkan catatan, kontestasi Pemilu kerap meninggalkan konflik identitas.

Konflik tersebut, kata dia, akhirnya menyebabkan masyarakat terpecah belah yang bisa berdampak negatif.

“Jika tidak dikelola dengan baik akan memuncak menjadi konflik horizontal, di sinilah peran Bapak Ibu sekalian para pemuka agama,” ucap Bamsoet.

Ia pun berharap memasuki tahun politik ini, Indonesia bakal tetap rukun satu antara masing-masing umat beragama. Hal ini, kata dia, bisa dimulai dari para pemuka agama.

“Semoga tahun politik yang sudah kita masuki hari ini akan membawa kemaslahatan, kedamaian dan saya yakin percaya, bahwa kita semua di sini memiliki kewajiban untuk menjaga keteduhan pesta demokrasi yang akan kita jelang ke depan,” kata dia.

Baca juga: 2 Jam Bertemu Surya Paloh, PKS Harap Pemilu 2024 Berlangsung Jujur dan Adil

“Kita mungkin tidak satu dalam iman tapi percayalah kita semua satu dalam kemanusiaan,” lanjut Bamsoet.

Untuk diketahui, Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR RI) menggelar Perayaan Hari Persaudaraan Kemanusiaan International dan Pekan Kerukunan Antar Umat Beragama Sedunia di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (5/2/2023).

Acara ini diikuti enam elemen agama di Indonesia, yakni Islam, Kristen Katolik, Kristen Protestan, Hindu, Buddha, dan Konghucu.

Dalam acara ini hadir pula Wakil Ketua MPR RI Arsul Sani, Jazilul Fawaid, Hidayat Nurwahid. Hadir pula para pemuka agama hingga perwakilan keduataan besar negara sahabat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat