androidvodic.com

Taman Legenda Keong Emas Disebut Belum Jadi Aset Negara   - News

Laporan Wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - PT Cipta Loka Kamayangan (PT CLK) sebagai pengelola Taman Legenda Keong Emas mempertanyakan legalitas dari PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (PT TWC) yang menjadi pengelola baru Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Kuasa Hukum PT CLK dari Kantor Hukum Hendropriyono and Associates, Supriyadi Adi mengatakan legal standing itu penting guna memastikan kewenangan dalam mengelola Taman Legenda Keong Emas.

“Untuk itu kami perlu legal standing PT TWC sebagai dasar pembuatan perjanjian peralihan dan guna memastikan kewenangan PT TWC dalam mengelola Taman Legenda Keong Emas,” kata Adi kepada wartawan, Rabu (22/3/2023).

Diketahui Menkeu telah memberikan persetujuan Kerja Sama Pemanfaatan (KSP) Barang Milik Negara (BMN) antara Kemensetneg dan PT TWC melalui Surat Nomor S-276/MK.6/2021 tertanggal 30 Juni 2021.

Namun kata Adi, dalam surat Menkeu itu aset berupa Taman Legenda Keong Emas tak masuk dalam bagian KSP BMN.

Atas hal ini pihak CLK telah mengirimkan surat sebanyak 4 kali ke Kemensetneg, termasuk surat tembusan untuk menanyakan legal standing dimaksud.

Namun surat mereka baru dijawab sekali dan tak menjawab pertanyaan.

Adi pun mengingatkan soal Perpres Nomor 19 Tahun 2021 yang menjadi dasar peralihan pengelolaan TMII dari Yayasan Harapan Kita kepada Kemensetneg.

Dalam Perpres itu hanya mengubah subjek hukum pengelola TMII.

Namun tak ada ketentuan yang membatalkan perikatan antara Yayasan Harapan Kita dengan pihak ketiga yang sebelumnya telah dibuat.

"Oleh karena itu, apabila diperlukan suatu perjanjian sebagai dasar perikatan antara PT TWC selaku pengelola TMII baru dengan PT CLK selaku mitra eksisting, maka perjanjian tersebut hanya terbatas pada perubahan subjek hukum, sedangkan objek perjanjian demi hukum harus tetap sama," ungkap dia.

Selain itu, lanjutnya, Taman Legenda Keong Emas juga tak disebutkan dalam Surat Menkeu Nomor S-276/MK.6/2021.

Pasalnya, aset Taman Legenda Keong Emas merupakan hasil investasi dan pengembangan PT CLK berdasarkan perjanjian dengan Yayasan Harapan Kita selaku BP TMII lama dengan bentuk Build Operate Transfer (BOT) yang berlaku hingga 31 Maret 2036.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat