androidvodic.com

Panglima-Kapolri Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan KTT Ke-43 ASEAN di Monas - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti

News, JAKARTA - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memimpin apel gelar pasukan pengamanan KTT ASEAN ke-43 di Monas, Jakarta Pusat, Jumat (1/9/2023).

"Akan kita laksanakan pengecekan kesiapan, materil, personel, maupun sarana dan prasarana yang digunakan dalam kegiatan pengamanan KTT ASEAN ke-43," kata Yudo dalam amanatnya di Monas, Jakarta Pusat.

Baca juga: Bos PLN Pastikan Sistem Kelistrikan Acara KTT ASEAN Aman dan Tanpa Kedip

Sementara itu, Kapolri mengatakan kesuksesan pengamanan nantinya akan menjadi taruhan besar Indonesia untuk mendapatkan kepercayaan dunia khususnya di ASEAN.

"Tentunya keberhasilan dan kesuksesan tersebut harus terus kita pertahankan dalam KTT ASEAN ke-43 di Jakarta yang merupakan puncak keketuaan Indonesia di ASEAN tahun ini," ungkapnya.

Adapun jumlah personel yang dilibatkan yakni dari unsur TNI sebanyak 13.158 personel yang terdiri dari Kodam Jaya 4.661 personel, Paspampres 3.596 personel, Koopsud 1.288 personel, serta Satgas Bandara/Pelabuhan 1.123 personel.

Sedangkan khusus untuk Polri nantinya akan ada 6.182 personel yang dikerahkan.

Personel itu merupakan gabungan dari Mabes Polri 1.624 personel, Polda Metro Jaya 3.918 personel, Polda Jawa Barat 320 personel, Polda Banten 320 personel.

Untuk informasi, Presiden Indonesia (RI) Joko Widodo akan memimpin 12 pertemuan di KTT ASEAN keketuaan Indonesia pada tanggal 5 hingga 7 September 2023.

Direktur Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Sidharto R. Suryodipuro mengatakan semua pertemuan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat.

Baca juga: Kabaharkam Polri Pimpin Rapat Teknis Pengamanan KTT ke-43 ASEAN

"Presiden akan memimpin 43rd ASEAN Summit dalam format plenary, kemudian dalam format retreat, 26th ASEAN-China Summit, 26th ASEAN-RoK Summit, 26th ASEAN-Japan Summit, 11th ASEAN-US Summit, ASEAN-Canada Summit, 26th ASEAN+Three Summit, 28th ASEAN-India Summit, 3rd ASEAN-Australia Summit, 18th EAS-ASIA Summit, 13th ASEAN-UN Summit," kata Dirjen Arto di FMB9 terkait persiapan KTT ASEAN ke-43, Jumat (11/8/2023).

Presiden juga akan memimpin kegiatan yang bersifat non persidangan dalam penyelenggaraan KTT ASEAN.

Presiden juga akan memimpin penyerahan keketuaan ASEAN kepada pemimpin Republik Demokratik Laos saat penutupan.

"Rangkaian akan diakhiri dengan press conference oleh Presiden pada tanggal 7 September," kata Arto.

Dirjen Kemenlu mengatakan akan ada 27 pemimpin negara dan pemimpin organisasi internasional yang hadir pada KTT ASEAN di Jakarta.

"Mulai dari 14 pemimpin negara EAS-ASIA Summit, juga pemimpin dari Pacific Island Forum, pemimpin dari Indian Ocean Association. PM Kanada juga direncanakan akan hadir," kata Arto.

Ia mengatakan selain PM Kanada Justin Treudeu, Indonesia juga mengundang executive director IMF dan World Bank, serta beberapa organisasi lainnya.

Ada 6 lokasi utama yang akan menjadi venue delegasi selama KTT yakni Hotel St Regis, Kantor Sekretariat ASEAN, JCC, Hutan Kota Plataran GBK, Hotel Sultan, dan Istana Merdeka. Ada pula kegiatan yang akan digelar di TMII.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat