androidvodic.com

Pertemuan Bilateral dengan 12 Delegasi Negara G20, Menkominfo Johnny Plate Bahas Kerja Sama Digital - News

Laporan Wartawan News, Dodi Esvandi

News, BALI - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate melakukan pertemuan bilateral  dengan 12 Delegasi Negara G20 dan dua lembaga pada pertemuan Keempat Kelompok Kerja Ekonomi Digital atau Digital Economy Working Group (DEWG) G20 di Nusa Dua, Bali, Selasa (30/8/2022) sore hingga malam.

Sejumlah hal dibahas dalam bilateral meeting itu, mulai dari masalah literasi digital, tenaga kerja di sektor digital, startup, aliran data lintas batas, UMKM, data pribadi, hingga talenta digital.

"Kami juga mendiskusikan kerja sama di bidang ICT dan digital," kata Johnny kepada wartawan di sela-sela pertemuannya dengan 12 delegasi negara itu.

Baca juga: 14 Perusahaan Digital Teknologi Ikut Meriahkan Ajang DEWG G20 di Bali

Adapun 12 delegasi negara yang bertemu Johnny itu di antaranya Argentina, Afrika Selatan, Jerman, Kanada, Singapura, Kamboja, India, Jepang, Inggris, Belanda, Spanyol, dan Australia.

Selain itu Johnny juga melakukan bilateral meeting dengan dua lembaga internasional, yakni United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (UNESCAP) dan International Telecommunication Union (ITU).

Pembahasan dalam bilateral meeting dengan setiap delegasi itu berbeda-beda.

Ketika bertemu delegasi Argentina, kedua negara membicarakan masalah sektor teknologi informasi dan komunikasi, seperti penyebaran broadband untuk menghubungkan Amerika Selatan ke Asia (dan) Australia.

Kedua negara juga mendiskusikan potensi kolaborasi di ruang digital stream seperti ekonomi digital, keterampilan digital, dan potensi daerah di ruang digital.

Sementara ketika bertemu delegasi Afrika Selatan yang dipimpin oleh Menteri Komunikasi dan Teknologi Digital, Khumbudzo Ntshavheni, kedua negara membahas masalah teknologi digital untuk penyediaan program pelatihan dalam rangka mengembangkan pencari kerja.

Adapun ketika bertemu Wakil Sekretaris Jenderal UNESCAP, Armida Salsiah Alisjahbana, kedua pihak mengaku membahas bidang keterampilan dan literasi digital.

Baca juga: Robot UU Sambut Delegasi DEWG G20 di Nusa Dua Bali

"Karena, itu sesuatu yang sangat penting dengan agenda besar transformasi digital. Maka dari sisi pengguna, SDM harus disiapkan. Terkait dengan keterampilan dan literasi, kami membantu untuk hal itu," kata Armida.

Sekretaris Menteri Digital dan Transportasi Jerman Stefan Schnorr mengatakan, pertemuan DEWG G20 ini memberikan solusi kepada setiap negara dalam membangun kerja sama digital untuk masa depan.

"Dan ini sangat penting untuk semua negara bahwa kita menggunakan digitalisasi untuk ekonomi kita, untuk ekonomi yang lebih baik dan untuk menggunakan manfaat digitalisasi untuk semua orang di seluruh dunia," kata Schnorr.

Bilateral meeting itu dengan 12 negara dan dua lembaga internasional itu dilakukan sebelum digelarnya Digital Economy Ministers' Meeting (DEMM) pada Kamis (1/9/2022) ini.

DEMM akan diikuti oleh para menteri digital negara-negara G-20 untuk menyepakati materi yang sudah dibahas di DEWG, dan kemudian akan dibawa ke ajang KTT G20 di Bali pada November 2022 mendatang.

"Kami berharap besok rapat bisa berjalan lancar, sehingga menyelesaikan DEMM dan bahan-bahannya menjadi acuan bagi KTT [Konferensi Tingkat Tinggi ke-17 G20] pertengahan November nanti," kata Johnny.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat